Sambil Ngabuburit, Siswa SMK ini Membatik

Published by : Muti Siahaan Posted on : Rabu, 15 Juni 2016

(kompas.com)

Apa yang kita lakukan saat ngabuburit? Nonton, tidur, menyiapkan bukaan atau main smartphone? Berbeda dengan siswa-siswa SMK 17 Kota Magelang, Jawa Tengah ini .Seperti yang ditulis di Kompas, mereka mengisi waktu ngabuburit dnegan membuat batik.

"Senang sekali bisa membatik di sekolah bersama teman-teman, jadi tidak terasa kalau sedang berpuasa," ujar Rahayu Dwi Utami, salah satu siswa kelas XI di sela-sela membatik, Rabu (15/6/2016).  Meski baru pertama kali membatik, Tami, panggilan akrabnya, mengaku antusias. Ia juga terlihat luwes membatik.   Menurut dia, membatik sebetulnya merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler di sekolahnya. Kain batik yang sudah jadi nantinya akan dibuat pakaian seragam mereka.

TS Nugroho, salah satu guru SMK 17 Kota Magelang, mengatakan, pihak sekolah mendatangkan dua orang pakar membatik, yakni Untung Laluna dan Kaji Habib, untuk berbagi ilmu bagaimana membatik dengan baik dan benar kepada para siswa. 

"Kami memang mengajarkan kepada anak-anak didik kami untuk mandiri. Salah satunya dengan kegiatan membatik ini. Hasil karya mereka nanti akan dibuat seragam sekolah," kata Nugroho.

Sementara itu, Kepala SMK 17 Kota Magelang Widodo menambahkan bahwa batik adalah salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang senantiasa harus dijaga. Maka dari itu, bati perlu diperkenalkan sejak dini kepada generasi saat ini.

Waaah, keren banget, ya!

Tags : ngabuburit

author :

Muti Siahaan

Suka banget menulis, travelling & yoga. Namaste ^^

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN