Ratusan Tata Surya Mini Ditemukan di Bima Sakti

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 14 Maret 2014

Ratusan Tata Surya Mini Ditemukan di Bima Sakti

Kepler, diluncurkan paa tahun 2009, telah mengidentifikasi lebih dari 200 planet dan ribuan kandidat planet.

 

Galaksi kita ternyata berlimpah dengan sistem planet serupa tata surya. Dari data yang dikumpulkan oleh pemburu planet milk NASA, yakni teleskop ruang angkasa Kepler, lebih dari 300 di antaranya telah ditemukan.

 

"Planet-planet itu kecil, memiliki orbit melingkar dan orbit mereka datar. Tampak sangat serupa dengan kita," kata Jason Rowe, peneliti dari SETI Institute, Mountain View, California. "Mereka seperti versi kecil dari tata surya bagian dalam kita," ucapnya.

 

Terus menggali data

Kepler, diluncurkan paa tahun 2009, telah mengidentifikasi lebih dari 200 planet dan ribuan kandidat planet. Kerusakan alat kontrol membuat tim Kepler mengakhiri misi teleskop antariksa itu tahun lalu. Namun astronom masih terus menggali data yang ia kumpulkan untuk memastikan kandidat dunia baru dan kemungkinan adanya penemuan baru.

 

"Jika kita terbang mengelilingi galaksi, kita akan menemukan banyak hal seperti ini, dan Anda mungkin bertanya, mengapa Bumi tidak berada dekat dengan Matahari dan berada di antara Merkurius dan Mars," kata Sara Seager, pakar exoplanet dari Massachusetts Institute of Technology. "Temuan ini mengabarkan kita bahwa ada banyak sistem planet seperti itu di luar sana," ucapnya.

 

Seager, yang tidak tergabung dalam tim Kepler menyebutkan, akan ada temuan aneh yang akan ditemukan dari koleksi data yang ditangkap Kepler. "Orang-orang berpikir bahwa ia sudah mati. Tapi Kepler tetap hidup. Temuan ini merupakan buktinya," ucap Seager.

 

(m. firman/nationalgeographic.co.id, foto: newscientist.com) 

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN