Ratusan Balon Google Bakal Terbang di Indonesia 2016, Ini 5 Faktanya!

Published by : Natasha Erika Posted on : Jumat, 30 Oktober 2015

Ratusan Balon Google Bakal Terbang di Indonesia 2016, Ini 5 Faktanya!

Ini dia balon terbang yang lagi jadi pembicaraan banyak orang di Indonesia. Yap, soalnya ratusan balon Google bakal terbang di Indonesia pada 2016 mendatang, girls! Balon Google ini merupakan bagian dari proyek Google bernama Project Loon. Hmm, apa istimewanya balon terbang proyek Google ini? Yuk, kita simak aja langsung 5 faktanya! Pastinya, berhubungan dengan akses internet dan... denger-denger sih menyerupai Wi-Fi gratis, ya?

 

Baca juga: Google "Berubah" Jadi Alphabet? Ini 4 Fakta Yang Perlu Kita Tahu

 

Apa itu Project Loon?

Project Loon adalah salah satu proyek Google untuk menghadirkan jaringan internet di lokasi yang terpencil dengan wahana balon yang berperan layaknya satelit. Balon-balon yang digunakan dalam proyek ini terbang dengan menggunakan tenaga surya. Project Loon berencana memperluas cakupan jaringan internet dunia dengan membuat jaringan Wi-Fi di udara menggunakan balon.

 

(foto: bundpic.com)

 

Dimulai 2016 di Indonesia

Project Loon akan mulai diuji coba di Indonesia pada 2016 mendatang. Hal ini telah disepakati resmi oleh pihak perusahaan induk Google, Alphabet, dengan tiga operator utama Indonesia (Telkomsel, XL, dan Indosat).

 

Seperti Wi-Fi gratis!

Project Loon secara sederhana menyerupai Wi-Fi gratis. Setiap smartphone berkemampuan 4G LTE bakal diberi akses internet yang mumpuni. Yakni memiliki kecepatan unduh hingga 10 Mbps, atau hanya 1 Mbps lebih rendah dibandingkan kecepatan internet standar di AS.

 

(foto: businessinsider.com.au)

 

Baca juga: Perubahan Logo Google Dari Masa Ke Masa

 

Akses internet ke wilayah terpencil

Lebih dari 17.000 pulau di Indonesia dibentangi laut, hutan, dan gunung yang berliuk-liuk. Hal itu menyulitkan infrastruktur jaringan masuk untuk menyebarkan akses internet di wilayah pelosok. Untuk itu, Project Google Loon dalam bentuk balon terbang ingin membantu penyaluran infrastruktur agar penduduk wilayah terpencil juga bisa merasakan akses internet yang sama dengan penduduk di wilayah-wilayah terjangkau. Balon-balon itu nantinya enggak akan menetap di satu tempat, melainkan terus bergerak.

 

(foto: bundpic.com)

 

Indonesia negara keempat

Indonesia mencatatkan diri sebagai negara keempat yang menggunakan balon Google Project Loon untuk penyaluran akses internet di daerah-daerah terpencil. Brasil, Selandia Baru, dan Australia adalah negara-negara yang lebih dulu mendapat manfaat dari balon internet Alphabet tersebut. Namun, uji coba di tiga negara ini hanya dalam skala kecil. Menurut catatan Google, Indonesia akan menjadi negara pertama yang akan mendapatkan uji coba Project Loon dalam skala besar.

 

Penasaran gimana balon terbang bisa menjadi akses internet? Kita bisa simak video singkat tentang Project Loon ini di sini, girls:

 

 

Baca juga: 8 Cara Menulis Email yang Benar Menurut Mantan CEO Google

 

(sumber: tekno.kompas.com, foto: androidcommunity.com)

http://tekno.kompas.com/read/2015/10/29/10224067/Ratusan.Balon.Google.Jadi.BTS.Terbang.di.Indonesia

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN