Planet, Fenomena Langit, dan Konstelasi Bintang yang Bisa Kita Lihat Sepanjang Februari 2016

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 5 Februari 2016

(foto: Nationalgeographic.com)

Bulan Februari, para pengamat langit masih berkesempatan untuk menikmati lima planet yang akan menghiasi malam dengan mata tanpa alat. Ingin tahu planet, fenomena langit, dan konstelasi bintang apa saja yang bisa kita lihat sepanjang bulan Februari?

 

(Baca juga: Cara Melihat 5 Planet di Langit dengan Mata Telanjang)

 

Lima planet bisa diamati oleh mata tanpa alat

Merkurius

Planet paling dekat dengan Matahari ini akan terbit pukul 04:09 WIB di awal Februari dengan kecerlangan 0,31 magnitudo. Merkurius dan venus akan tampak berpasangan di langit karena hanya berbeda sekitar 7,5 derajat. Di penghujung Februari, Merkurius akan terbit pukul 04:45 dengan kecerlangan -0,19. Waktu terbaik untuk melihat merkurius pada tanggal 7 Februari saat elongasi Merkurius mencapai 25,6º.

 

Venus

Memulai bulan Februari 2016, Venus sedang dalam perjalanan kembali mendekati Matahari dan terbit jam 03:38 WIB di rasi Sagittarius dan terus bergerak ke rasi Capricornus. Di akhir Februari, Venus akan terbit pukul 04:17 WIB di rasi Capricornus dan tampak cemerlang di langit dengan kecerlangan dari 3,4 magnitudo di awal bulan dan —3,34 magnitudo di akhir bulan.

 

Mars

Planet merah ini akan terbit lewat tengah malam pada pukul 23:48 WIB di rasi Libra. Pada akhir bulan Februari, Mars akan terbit pukul 22:48 WIB. Kecerlangannya juga bertambah dari 1 ke 0,48 magnitudo selama bulan Februari.

 

Jupiter

Di awal Februari, Jupiter akan terbit di timur pada pukul 20:40 WIB dan memiliki kecerlangan -1,93 magnitudo. Planet terbesar di Tata Surya tersebut akan tampak berada di kaki rasi Leo. Di penghujung bulan Februari, Jupiter akan terbit jam 18:40 WIB dengan kecerlangan -2,02 magnitudo. Para pengamat juga akan dapat menikmati Bintik Merak Raksasa Jupiter.

 

Saturnus

DI bulan Februari, Saturnus akan tampak berada di antara capit Kalajengking si rasi Scorpio atau selatan rasi Ophiuchus. Terbit di awal Februari pada pukul 01:49 WIB dengan kecerlangan 0,73 magnitudo. Di akhir bulan Februari Saturnus akan terbit pada pukul 00:06 WIB dengan kecerlangan 0,68 magnitudo.

 

(Baca juga: Begini Rasanya Hidup di Planet Mars Seperti di Film The Martian)

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN