Penemuan Spesies Baru Kucing Liar di Brasil

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 28 November 2013

Penemuan Spesies Baru Kucing Liar di Brasil

Spesies baru kucing liar ditemukan di Brasil, girls. Spesies baru ini diberi nama Leopardus guttulus dan diterbitkan dalam jurnal Current Biology. Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Eduardo Eizirik dari Pontifical Catholic University of Rio Grande do Sul, Porto Alegre Brasil, meneliti DNA dari beberapa jenis kucing dan membandingkannya sama kucing ini. Tim peneliti pun akhirnya menyimpulkan, kucing ini memang termasuk spesies terbaru.

 

Menurut situs Kompas, setidaknya ada tujuh spesies kecil kucing liar dari genus Leopardus Amerika Tengah dan Selatan, yang diperkirakan pertama menempati wilayah ini pada masa pliosen akhir (sekitar 2,5-3,5 juta tahun yang lalu). Tim peneliti memakai beberapa jenis penanda molekuler buat menyelediki sejarah evolusi spesies ini. "Kami menggunakan beberapa jenis penanda molekuler untuk menyelidiki sejarah evolusi spesies ini," ujar Dr Eizirik.

 

Penemuan spesies baru ini sempat mengejutkan tim peneliti, lho. Soalnya selama ini mereka menganggap spesies-spesies kucing itu ada dalam satu kesatuan. Ternyata memang ada perbedaan spesies di antara populasi tigrina ini. "Sebelumnya kami benar-benar tidak mengharapkan akan menemukan perbedaan spesies di antara populasi tigrina ini," kata Dr Eizirik kepada BBC Nature.

 

(lana, foto: kompas.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN