Penemuan Robot yang Bernafas dengan Jantung

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 17 Oktober 2013

Penemuan Robot yang Bernafas dengan Jantung

Dalam film-film science fiction, kita bakal sering menemukan robot-robot menyerupai manusia yang canggih. Well, hal ini nampaknya enggak lama lagi bakal kita temui di dunia nyata. Sekelompok ilmuan berhasil menciptakan robot yang bisa bicara kayak manusia dan punya jantung yang berdetak!

 

Robot bernama Frank yang diambil dari nama Frankenstein ini merupakan robot enam kaki yang dibuat dengan berbagai organ manusia tiruan yang disumbangkan dari berbagai pusat penelitian di dunia. Menurut Daily Mail, robot ini punya 200 processor dan lebih dari jutaan sensor. Selain memiliki jantung yang berdetak, kulit dari robot ini memiliki jutaan sensor yang bisa mendeteksi sentuhan dan perubahan suhu di sekitarnya.

 

Frank didesain sama Dr Bertolt Myer dari University of Zurich dan dibuat sama tim insinyur di London. Robot ini dipajang di Museum Smithsonian, di Washington, sebagai bagian dari pameran Bionic Man. Dalam pameran ini, Dr Bertolt Meyer juga menjelaskan tujuan dibuatnya robot ini. "Tujuannya bukan buat menggantikan posisi manusia, tapi untuk menyediakan teknologi untuk memperbaiki manusia yang rusak," ujar Dr Bertolt Meyer. Oh ya, wajah Frank ini merupakan replika dari wajah dokter yang satu ini, lho!

 

(lana, foto: dok. EPA)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN