Pemilu 2014: Catat Tanggal Pentingnya

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 10 Maret 2014

Pemilu 2014: Catat Tanggal Pentingnya

2014 jadi tahun politik. Soalnya, di tahun ini kita punya kesempatan untuk menyampaikan aspirasi melalui pemilu. Cari tahu lebih jauh yuk tentang pemilu 2014 ini.

 

September 2012

Rangkaian kegiatan pemilu sebenarnya sudah dimulai sejak September 2012. Di bulan ini, Komisi Pemilihan Umum mengumumkan daftar 15 partai politik yang mengikuti pemilu tahun 2014 ini. Sebelumnya, ada sekitar 46 partai politik yang mendaftarkan diri. Namun, hasil verifikasi hanya meloloskan 15 partai politik saja. Ke-15 partai politik tersebut adalah Partai NasDem, PKB, PKS, PDIP, Golkar, Gerindra, Partai Demokrat, PAN, PPP, Partai Hanura, Partai Damai Aceh, Partai Nasional Aceh, Partai Aceh, PBB, dan PKPI.

 

April - Agustus 2013

Rangkaian pemilu legislatif udah dimulai sejak 2013 kemarin. Tepatnya di bulan April hingga Agustus 2013, yaitu dimulainya pendaftaran calon anggota legislative hingga ke penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang nanti bisa kita pilih.

 

11 Januari - 5 April: Masa Kampanye

Saatnya mengenali calon wakil kita di legislatif. Selama empat bulan kita diberi kesempatan untuk mengenal siapa saja calon anggota legislatif yang bisa dipilih.

 

6 - 8 April 2013: Masa tenang

Setelah melewatkan empat bulan penuh keceriaan dalam masa kampanye, kita juga punya waktu tiga hari untuk fokus menyambut pemilu legislatif. Pastinya kita sudah harus menetapkan pilihan, nih, di masa tenang ini.

 

9 April 2013: Pemilu Legislatif

Yuk datang ke TPS untuk menyampaikan suara kita. Jangan sampai golput ya, girls.

 

25 April - 25 Mei 2014: Audit Dana Kampanye

Sambil menunggu pemilu presiden, selama satu bulan setiap partai politik yang ikut pemilu harus melakukan audit dana kampanye yang mereka keluarkan.

 

26 April - 6 Mei 2014: Rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional

Setelah memilih, akhirnya penghitungan suara dimulai. jadi deg-degan menunggu siapa saja anggota baru dewan legislatif untuk periode 2014-2019.

 

7 - 9 Mei 2014: Penetapan hasil pemilu secara nasional

Akhirnya, hasil penghitungan suara diumumkan. Selain itu, sepanjang periode ini juga dilakukan penetapan partai politik mana saja yang memenuhi ambang batas, yairtu sebanyak 3%.


11-18 Mei 2014: Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Tingkat Nasional sampai kabupaten/Kota

Berdasarkan hasil pemilu, akhirnya ditentukan berapa kursi yang didapat oleh setiap partai politik.

 

9 Juli 2014: Pemilu Presiden

Setelah memilih wakil rakyat, sekarang saatnya memilih siapa yang akan jadi presiden dan wakil presiden untuk epriode 2014-2019. Ini ketiga kalinya dilakukan pemilihan presiden langsung di Indonesia.

 

Juni - September 2014: Peresmian serta Pengucapan Sumpah dan Janji

Setelah melewati rangkaian panjang ini, akhirnya anggota DPR-RI, DPD-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang terpilih siap untuk dilantik. Dna tentunya siap menjalankan tugas sebagai wakil rakyat.

 

(iif, foto: forum.kompas.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN