Pameran Gambar Radiasi Fukushima di Jepang

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 29 April 2014

Pameran Gambar Radiasi Fukushima di Jepang

Reaktor nuklir Fukushima, Jepang, sempat bocor akibat gempa dan tsunami yang melanda Jepang 2011 lalu. Seniman asal Jepang Masamichi Kagaya melihat momen ini sebagai sesuatu yang penting dan menarik sisi seninya. Kagaya mengumpulkan sejumlah barang yang terkontaminasi dari sekitar reaktor nuklir Fukushima. Lewat gambar-gambar ini, Kagaya memperlihatkan kontaminasi radioaktif yang biasanya enggak bisa dilihat mata telanjang.

 

Menurut situs BBC, setelah bencana nuklir, Kagaya rutin berkunjung ke kawasan itu. Dia bekerjasama dengan Profesor Satoshi Mori dari Universitas Tokyo buat menghasilkan gambar yang bisa menunjukkan kontaminasi radioaktif. Gambar-gambar itu ditampilkan dalam pameran Image of Radiation from Fukushima. Pameran ini berlangsung sejak 23 April lalu.

 

Lewat pameran ini, Kagaya kepengin masyarakat umum bisa mengerti dampak dari radiasi nuklir. Dia menunjukkan seberapa banyak radiasi yang melekat pada tanaman, hewan dan barang keperluan sehari-hari. "Saya ingin lebih banyak orang yang sadar bahwa kita hidup dalam lingkungan seperti itu," kata Kagaya kepada kantor berita Reuters.

 

(lana, foto: bbc.co.uk)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN