Novartis: Yuk Cegah Meningitis!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 23 April 2013

Novartis: Yuk Cegah Meningitis!

Girls, buat kita yang sering traveling, terutama traveling ke luar negeri, mulai sekarang harus benar-benar waspada. Salah-salah kita bisa terkena tertular meningitis. Dan yang lebih enggak enak lagi, meningitis dapat menyebabkan kematian dan kecacatan hanya dalam hitungan jam. Hiii.. seram ya?


Apa sih meningitis itu?

Meningitis adalah radang selaput pelindung sistem syaraf pusat. Ini adalah penyakit serius, karena letaknya dekat otak dan tulang belakang, sehingga dapat menyebabkan kerusakan kendali gerak, pikiran, bahkan kematian. Salah satu penyebab meningitis adalah adalah bakteri Neisseria meningitidis.

 

Nah yang lebih menakutkan lagi, dalam kurun waktu tertentu, dipercayai bahwai 10 sampai 20 persen orang-orang di seluruh dunia dapat membawa bakteri Neisseria meningitidis. Orang pembawa bakteri itu enggak menunjukkan gejala apa-apa.


Penularan

Sekali terjangkit, seseorang dapat membawa bakteri sampai selama enam bulan. Para pembawa itu dapat menularkan bakteri yang menyebabkan penyakit ini hanya lewat batuk, bersin dan kontak langsung (berciuman). Cuma berada berdekatan dengan seorang pembawa dapat meningkatkan resiko terkena bakteri itu sebanyak 800 kali.

 

Gejala

Kalau udah terjangkit, gejala awal dari penyakit ini seringkali enggak spesifik. Kadang mirip flu biasa, demam, muntah-muntah, sakit kepala berat, leher kaku, mengantuk, sensitif terhadap cahaya, bingung, ruang atau kadang kejang. Tenaga profesional sulit mendiagnosis penyakit ini secara dini.

 

Disebabkan karena sering mengalami perubahan-perubahan dalam gaya hidup, remaja dan orang dewasa punya kemungkinan lebih besar untuk membawa bakteri N. meningitisdis dibandingkan kelompok usia lainnya. Seram ya?

 

Pengobatan

Rawat inap dan terapi diperlukan bagi mereka yang terkena meningitis. Akan tetapi, mengingat cepat berkembangnya penyakit ini, pengobatan jadi sulit sekali, meski diberikan terapi antibiotik yang kuat sekali.


Pencegahan

Dalam rangka memperkecil kemungkinan kita terjangkit meningitis, kemarin, Novartis Indonesia meluncurkan kampanye edukasi berjudul "Saatnya Bekali Diri untuk Lindungi Bangsa, Cegah Meningitis." Kampanye ini juga dilaksanakan guna mendukung Hari Meningitis Sedunia yang jatuh pada tanggal 24 April.  Novartis mengajak kita untuk mencegah penularan penyakit ini lewat penggunaan vaksin khususnya vaksin ACYW-135. Dengan satu kali melakukan vaksin, tubuh kita mampu menahan meningitis ini sampai dua tahun ke depan. Makanya, yuk memvaksinasikan diri kita, terutama sebelum berpergian ke luar negeri. Gampang kan?

 

(dea)

 

Tags : health

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN