Nenek Moyang Manusia Enggak Mirip Simpanse?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 6 Desember 2013

Nenek Moyang Manusia Enggak Mirip Simpanse?

Girls, ada yang percaya kalau nenek moyang manusia itu mirip simpanse? Sebenarnya manusia dan simpanse punya jalur keturunan yang berbeda, jadi anggapan moyang manusia mirip simpanse itu kurang tepat. Seperti yang dilansir situs Kompas, jurnal Nature Communication memublikasikan, manusia dan kera yang hidup saat ini punya jalur evolusi yang berbeda.

 

Peneliti dari dari Stony Brook University Medical Center Sergio Almecija mengungkapkan, anggapan itu muncul karena pendapat mayoritas dari paleoantropolog."Mayoritas paleoantropolog cenderung mengasumsikan bahwa nenek moyang terakhir manusia dan simpanse memiliki kemiripan dengan simpanse," kata Sergio.

 

Berkaitan dengan hal ini, tim peneliti Sergio Almecija dan ilmuwan dari Amerika Serikat serta Spanyol pun melakukan studi perbandingan antara Millenium Man, manusia, kera yang masih hidup sekarang, juga fosil kera yang berasal dari masa 23-5,3 juta tahun yang lalu. Lewat penelitian ini terungkap, moyang manusia modern menyerupai Orriron tugenensis dan jauh berbeda sama simpanse yang sudah terpisah dari garis evolusi manusia 6-7 juta tahun yang lalu.

 

(lana, foto: Anup Shah, kompas.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN