Nama Kadal Terinspirasi Jim Morrison

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 4 Juni 2013

Nama Kadal Terinspirasi Jim Morrison

Kadal sepanjang 1,8 meter yang berkeliaran di wilayah Asia Tenggara sekitar 36-40 juta tahun lalu ini, diberi nama kayak vokalis band The Doors, Jim Morrison. Menurut situs BBC, kadal yang baru-baru ini ditemukan menyandang nama ilmiah Barbaturex morrisoni. Dulu, vokalis The Doors ini sempat dikasih julukan 'The Lizard King' atau si Raja Kadal.

 

Tim peneliti fosil yang terdiri dari palaeontolog menganalisis fosil kadal itu. Mereka menyatakan, kadal itu merupakan kadal pemakan tumbuhan terbesar yang pernah ditemukan. Temperatur udara yang tinggi waktu kadal ini hidup, membuat kadal berukuran tidak seperti kadal di jaman sekarang.

 

Kadal-kadal pada masa sekarang kayak iguana, berukuran lebih kecil dan jadi santapan lezat buat para predatornya. Hal ini beda sama kadal Barbaturex morrisoni yang beratnya diperkirakan mencapai 27,2 kilogram. Reptil dan mamalia hidup bersama di banyak tempat di bumi pada saat ini. Hal yang menarik dari Raja Kadal ini adalah fakta bahwa ia adalah vegetarian besar yang hidup berdampingan dan bersaing dengan mamalia herbivora lainnya," asisten penulis dari Universitas Iowa, Profesor Russell Ciochon, mengatakan kepada BBC.

 

(lana, foto: newsles.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN