Najwa Shihab: Tips Untuk Pemilih Pemula

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 7 April 2014

Najwa Shihab: Tips Untuk Pemilih Pemula

Politik bukanlah obrolan yang berat dan jauh dari jangkauan. Mulai dari bangun tidur sampai ke sekolah, semuanya berhubungan dengan politik, lho!

 

Enggak perlu pusing begitu denger kata 'politik'. Kesannya politik itu terlalu berat buat kita omongin. Tapi sebenarnya politik itu sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, seperti pembuatan kebijakan publik atau aturan-aturan masyarakat.

 

"Contoh sederhananya, gimana cara kita bisa dapat akses internet yang murah. Dan, hal-hal yang sangat terkait dengan kita. Mulai dari bangun tidur sampai pergi ke jalanan terus tiba di satu tempat, dari kita lahir sampai mati, kita selalu berhubungan dengan kebijakan publik," jelas Najwa presnter Mata Najwa ini.

 

Makanya, pasti pengin, dong, masa muda dan tua kita bisa berjalan dengan baik? Nah, kita bisa mulai dengan memilih pemimpin yang bisa mewakili kepentingan masyarakat agar pembuatan kebijakan publik pun bisa tepat sasaran.

 

"Satu suara kita sangat berharga! Apalagi jumlah pemilih generasi muda di Indonesia lebih banyak daripada generasi tua," jelas Najwa Shihab. Makanya, suara kita sebagai remaja sangatlah penting buat menentukan masa depan Indonesia.

 

Tips Untuk Pemilih Pemula dari Najwa

Pastikan nama kita terdaftar sebagai pemilih

Pertama, kita harus memastikan nama kita sudah terdaftar sebagai pemilih. Ini bisa dicek di situs www.kpu.go.id, pilih banner Daftar Pemilih, dan masukkan identitas diri kita.

 

Tentukan isu penting

Kira-kira isu apa yang penting buat kita. Apakah isu tentang pendidikan murah? Atau teknologi dan komunikasi? Nah, setelah menentukan isu, kita bisa mencari tahu partai politik mana yang punya tujuan sama dengan kepentingan kita.

 

Lihat juga caleg

Kalau merasa kebanyakan partai politik punya tujuan yang hampir sama, kita bisa turun dan lihat calegnya. Cari tahu caleg mana yang punya latar belakang yang baik dan bersih. Itu bisa membantu kita menentukan pilihan. Jadi enggak hanya terpaku pada partai politik tapi juga melihat caleg-nya.

 

Rajin browsing

Salah satu cara untuk mencari tahu tentang visi misi kandidat partai politik adalah dengan browsing. Nah, KPU (Komisi Pemilihan Umum) sudah menyediakan situs khusus yang menyediakan informasi-informasi soal pemilu yang bisa kita akses kapan saja, yaitu di www.kpu.co.id.

 

(nana, foto: rynol)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN