Microsoft Imagine Cup: Dari Penggemar jadi Pemain

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 14 Februari 2013

Microsoft Imagine Cup: Dari Penggemar jadi Pemain

 Suka banget ngutak ngutik program komputer? Kalau iya, Windows melalui program Imagine Cup membolehkan kita semua untuk bermimpi dan mewujudkan teknologi yang kita impikan.

 

Imagine Cup sendiri adalah sebuah kompetisi tahunan terbesar tingkat dunia di bidang Teknologi dan Informasi yang di selenggarakan oleh Microsoft dengan mengajak seluruh pelajar (dari tingkat Sekolah Dasar sampai Doktoral) untuk unjuk kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan dunia dengan menciptakan inovasi teknologi.  

 

"Imagine Cup di Indonesia sendiri sudah dimulai dari tujuh tahun yang lalu. Setiap pemenang kompetisi lokal nantinya akan diadu lagi dengan pemenang dari seluruh dunia. Dan tahun ini rencana finalnya akan diselenggarakan di St. Petersburg, Russia," tutur Risman Adnan selaku Developer and Platform Group di kantor Microsoft Indonesia, Jumat (15/02).

 

 Acara yang diikuti oleh 190 negara ini bertujuan untuk membangkitkan semangat inovasi dari seluruh pelajar di bidang teknologi. Selain itu acara ini diharapkan bisa memacu jiwa entrepreneurship di bidang Teknologi di Indonesia.

 

Salah satu yang terbukti sukses menjadi entrepreneur adalah pemenang Imagine Cup Indonesia yang pertama, Oka Sugandi. "Awalnya ikutan itu saya masih kuliah tingkat tiga. Waktu itu saya membuat aplikasi yang bernama ABC. Jadi aplikasi yang bisa mengajarkan cara membaca, menulis, dan berhitung. Itu saya buat tahun 2007, saya membuat itu karena mengingat angka buta huruf di Indonesia ini masih sangat tinggi," cerita Oka. Dan di tahun 2008, saat Bill Gates berkunjung ke Indonesia, Oka berkesempatan untuk bisa ngobrol langsung dengan Bill Gates mengenai programnya ini. Kini Oka bersama dengan program pertamanya kini sudah memiliki perusahaan sendiri yang bergerak di bidang penyedia solusi Teknologi Informasi.

 

"Imagine Cup 2013 merupakan langkah awal bagi entrepreneur, designer, pengembang ataupun inovator untuk mengembangkan skill mereka. Kami berharap pelajar Indonesia terinspirasi dan mau berkolaborasi untuk menciptakan aplikasi yang menarik dan juga yang berguna," tutur Risman.

 

Untuk menjangkau pelajar dan mahasiswa yang berminta mengikuti Imagine Cup 2013, Microsoft Indonesia akan mengadakan roadshow ke beberapa perguruan tinggi di kota-kota besar di Indonesia. Roadshow ini akan berlangsung selama bulan Februari sampai bulan Maret.

 

Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 15 Maret. Pendaftarannya pun gampang cukup daftarkan timnya di situs Imagine Cup Indonesia dan pendaftarannya cukup gampang kok. Cukup cantumkan video yang menjelaskan apa program yang mau dikembangkan.

 

So, technology enthusiast are you ready to be an entrepreneur?

 

(gita, foto: gita)

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN