Merkurius, Juru Kunci Sejarah Terbentuknya Bulan

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 18 Oktober 2013

Merkurius, Juru Kunci Sejarah Terbentuknya Bulan

Planet terdekat dari matahari ini jadi kunci buat memahami gimana satelit milik Bumi alias bulan bisa terbentuk. Ilmuan Nasa pun menemukan beberapa kesamaan bulan sama Merkurius dalam sejarah geologinya. Mirip sama bulan, bagian dari Merkurius cenderung lembut. Area lembut ini menutupi 27 persen permukaan Merkuri, sedangkan pada bulan sekitar 16 persen.

 

Menurut situs Daily Mail, para ilmuan percaya, area ini terbentuk dari erupsi vulkanik yang menutupi permukaan keduanya dengan lava. Daratan di Merkurius juga punya topografi yang sama kayak bulan, lho. Keduanya juga punya kutub es yang sama, girls.

 

Seorang ahli kimia dari University of Chicago juga menemukan, bulan dan Merkurius punya oksigen yang identik. Selain itu, ada beberapa bagian lainnya yang juga mirip sama hal yang terkandung pada Bumi. Para ilmuan masih percaya, bulan terbentuk karena ledakan sangat besar yang terjadi karena Bumi dan hal-hal identik sama Merkurius yang mereka temukan ini jadi bahan pemikiran buat memecahkan misteri terbentuknya bulan.

 

(lana, foto: dok. Nasa)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN