Menurut Penelitian,Teman 'Asli' di Facebook Hanya 150 Orang

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 25 Januari 2016

Menurut Penelitian,Teman 'Asli' di Facebook Hanya 150 Orang

Total teman yang benar-benar asli dan dapat dijaga hubungannya, menurut sebuah penelitian, adalah 150 orang. Bila teman di Facebook ternyata mencapai ribuan, bisa jadi ada yang palsu di sana.

(foto: techcrunch.com)

 

(Baca juga: 5 Fakta di Balik Aplikasi WhatsApp Yang Gratis Seumur Hidup)

 

Maksudnya palsu?

Palsu di sini bukan berarti orang itu sebenarnya musuh atau sesuatu yang berbahaya. Namun artinya adalah teman yang sangat jarang diajak berinteraksi.

 

Riset yang dipublikasi di jurnal Social Networks itu, seperti dikutip KompasTekno dari The Independent, menyebutkan adanya lapisan-lapisan dalam pertemanan di social media.

 

(Baca juga: Surat Seorang Ibu yang Anaknya di-bully di Sekolah, Viral di Facebook)

 

Maksimal 150 orang

Peneliti menggunakan data dari 130.338 profil Facebook yang aktif dan akhirnya menemukan simpulan bahwa lapisan pertemanan berada di kisaran jumlah 5, 15, 50, hingga maksimal 150 orang berbeda.

 

Selain Facebook, struktur serupa juga bisa ditemukan pada social media Twitter, bahkan hubungan pertemanan di dunia nyata.

 

(Baca juga: Fakta di Balik Terjemahan Google yang Banyak Di-share di Social Media)

 

Di Twitter

Khusus untuk Twitter, terdapat sebuah lapisan pertemanan baru yang enggak ditemukan dalam komunikasi tatap muka. Ini adalah lavisan terdalam yang hanya terdiri dari rata-rata 1,5 individu, tergantung skala lapisan lain di luarnya.

 

Individu yang dimaksud dinilai punya relevansi terhadap ego karena mereka sangat sering berkomunikasi, kurang lebih sekali tiap lima hari di Facebook atau setiap hari di Twitter.

 

(Baca juga: Ini Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirimnya)

 

Sebenarnya kurang dari 100 orang

Tapi perlu dicatat, walaupum maksimal hubungan pertemanan bisa menampung hingga 150 orang, sebenarnya sebagian besar jejaring ini berisi kurang dari 100 orang.

 

Facebook mungkin membatasi jumlah pertemanan maksimal hingga 5.000 orang, tapi sebenarnya, komunikasi dan pertemanan yang terjalin dengan pemilik akun sangat sedikit dibandingkan angka tersebut.

 

(Baca juga: 25 Password Terburuk dan Mudah Dibobol di Tahun 2016)

 

(yoga/ tekno.kompas.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN