Manusia Setengah Salmon: Tentang Pindah dan Move On

Published by : Marti Posted on : Kamis, 17 Oktober 2013

Manusia Setengah Salmon: Tentang Pindah dan Move On

Hidup berarti sebuah perpindahan. Pindah dari masa lalu demi masa depan yang bisa saja lebih baik. Pindah dari tempat yang selama ini membuat kita merasa nyaman ke tempat baru yang bisa saja jauh lebih nyaman ketimbang tempat yang lama. Juga, pindah dari patah hati ke hubungan baru yang mungkin saja akan membuat kita merasa lebih baik lagi.

 

Premis inilah yang diangkat dalam film Manusia Setengah Salmon, film yang diangkat dari buku berjudul sama karangan Raditya Dika. Di film keempat ini, Dika masih berperan sebagai dirinya. Sama seperti film sebelumnya, inti film ini masih menyoroti keseharian Dika bersama orang-orang terdekatnya, termasuk pacar dan keluarga.

 

Setelah bertahun-tahun tinggal di rumahnya, akhirnya Dika terpaksa meninggalkan tempat penuh kenangan itu kareng orangtuanya merasa membutuhkan suasana baru. Dika yang masih patah hati karena diputuskan pacarna, Jessica (Eriska Rein), menanggapi rencana ini dengan ogah-ogahan. Suatu hari, Dika bertemu Patricia (Kimberly Ryder), yang ternyata adalah teman SMP-nya. Dika pun mulai membuka hatinya untuk Patricia meski dia masih belum bisa menghapus bayang-bayang Jessica.

 

Film ini enggak hanya bercerita tentang pencarian rumah baru dan hubungan Dika dengan Patricia, tetapi juga menyoroti hubungannya dengan sang ayah. Sang ayah yang merasa sudah lama tidak menghabiskan waktu bersama Dika mencoba segala cara agar bisa beraktivitas bersama anak tertuanya ini, termasuk main futsal bareng. Tapi, ide ini enggak bisa diterima oleh Dika.

 

Setelah melewati berbagai permasalahan, Dika menyadari bahwa pindah tidak selamanya buruk. Yang dibutuhkan hanyalah kesabaran dalam menjalani proses adaptasi ini. Dan, percaya bahwa ada kehidupan lain yang lebih baik menunggu di tempat baru.

 

Bikin Tertawa

Siapa, sih, yang enggak kenal dengan tingkah konyol Dika? Di film ini, dijamin kita akan tertawa terpingkal-pingkal menyaksikan berbagai tingkah lucu Dika. Plus, orang-orang di sekitarnya, seperti orangtuanya, Patricia, si adik Edgar, dan sopir baru Dika, Sugiman, yang punya masalah dengan bau badan. Tapi, selain memuaskan penonton dengan kelucuan-kelucuan ini, ada pelajaran penting yang bisa kita ambil dari film ini. yaitu, berani untuk move on.

 

Sutradara: Herdanius Larobu

Pemain: Raditya Dika, Kimberly Ryder, Eriska Reinisa

 

(iif. Foto: wikipedia)

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN