Kopi dengan Cita Rasa Sayuran?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 20 Mei 2013

Kopi dengan Cita Rasa Sayuran?

Kalau biasanya masyarakat hanya mengetahui kopi robusta dan kopi arabika, ternyata Indonesia masih ada satu jenis kopi lain yang masih jarang terdengar. Kopi tersebut dinamakan kopi liberika yang bercita rasa seperti sayuran.

 

Kopi liberika adalah kopi yang seringkali disebut oleh masyarakat sebagai kopi nongko atau kopi nangka. Menurut peneliti dan pencicip kopi dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Jember, Yusianto kopi ini disebut kopi nongko karena bijinya yang besar-besar. "Kalau dirasakan, kopi ini ada cita rasa sayurnya. Seperti rasa kacang panjang mentah," ujarnya pada harian Kompas.

 

Sebelumnya, kopi ini berasal dari wilayah Liberica, Afrika Barat dan baru dibawa ke Indonesia pada abad ke 19. Saat ini kopi liberika ditanam di wilayah Jambi dan Bengkulu. Yang membuat unik, biji kopi liberika lebih besar dua kali lipat dari ukuran biji arabika. Selain itu, daun dari tanaman ini pun mengandung kafein lebih banyak daripada bijinya.

 

Karena belum banyak yang mengenal kopi liberika, kopi ini bisa menjadi salah satu peluang Indonesia untuk dikembangkan dan diekspor. Yusianto pun menilai kalau pasar ekspor kopi liberika cukup besar. Menurutnya, negara tetangga, Malaysia banyak yang mengonsumsi kopi jenis ini. Selain itu, dari sisi harga pun kopi liberika lebih baik daripada kopi robusta.

 

(atifa, foto: kompas/sweetmarias)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN