Kesempatan Magang Buat Lulusan SMA

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 1 April 2013

Kesempatan Magang Buat Lulusan SMA

Girls, pernah ngerasain susahnya cari tempat yang menerima anak magang enggak? Kesulitan mencari informasi tempat magang memang jadi masih jadi masalah di Indonesia. Padahal banyak perusahaan yang menyediakan tempat buat anak magang, lho. "Satu juta posisi magang disediakan oleh industri setiap tahunnya," ujar CEO Universitas Bina Nusantara Bernard Gunawan Hadipoespito, saat ditemui dalam peluncuran situs magangindonesia.com, Rabu (27/3).

 

Pentingnya magang

Saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia sudah mencapai angka 7,4 juta. Angka itu terus naik dari tahun ke tahun. Sedihnya, di antara angka itu banyak termasuk lulusan SMA dan S1. Syarat di dunia kerja makin tinggi, bahkan buat menjadi teller bank saja kita harus punya ijazah S1. Selain itu, pengalaman kerja juga jadi salah satu syarat.

 

Lewat magang, kita bisa meningkatkan kemampuan di bidang yang kita sukai. Selain itu, kita juga bisa menambah pengalaman kerja. Hal itu bakalan berguna waktu kita melamar kerja nanti. "Sebanyak 2,5 juta lulusan SMA, SMK dan MA berpotensi menjadi pengangguran, karena tidak punya pengalaman kerja," ujar Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad.

 

Informasi tempat magang

Buat mencari tempat magang, kita harus rajin-rajin membuka situs perusahaan yang kita tuju. Di sisi lain, kita juga harus menanyakan langsung kepada pihak HRD buat kepastiannya. Misalnya, kamu pengen magang jadi reporter di sebuah majalah buat mengisi liburan sekolah. Kamu bisa menanyakan kesediaan tempat dan persyaratannya ke pihak HRD perusahaan majalah yang kamu tuju terlebih dahulu.

 

Selain mengecek satu demi satu seperti cara tadi, kita bisa mengecek magangindonesia.com buat mencari informasi mengenai magang. Situs ini juga bermanfaat buat kamu yang setelah lulus SMA enggak melanjutkan kuliah, karena mereka menyediakan kuliah dengan cara online learning dari Universitas Bina Nusantara. Setiap tahunnya, mereka bakal membantu sekitar 100 orang buat magang sekaligus kuliah.

 

Magangindonesia.com ini bekerja sama dengan perusahaan dari bidang komunikasi, akuntansi, ekonomi, pemasaran, dan banyak lagi. Selain buat lulusan SMA, SMK dan MA, mereka juga menerima mahasiswa D3 dan S1 yang mencari tempat magang. Registrasinya pun enggak sulit, kita tinggal masuk ke situsnya dan mendaftar.

 

(lana, foto: magangindonesia.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN