Kawah John Lennon di Merkurius

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 23 Desember 2013

Kawah John Lennon di Merkurius

Ada yang tau atau bahkan suka sama band legendaris dari Inggris, The Beatles? Vokalis The Beatles, John Lennon sudah meninggal tahun 1980 lalu karena ditembak sama fans-nya sendiri. Tapi belakangan ini ada kabar beredar kalau Lennon sekarang lagi ada di planet Merkurius. Lho, kok bisa?

 

Nama kawah

Well, girls, ternyata John Lennon yang terlihat ada di Planet yang jaraknya paling dekat deng Matahari ini bukan John Lennon yang asli atau berwujud manusia. Ternyata nama Lennon dijadikan nama buat sebuah kawah di Merkurius.

 

Usul dari Nasa

Ternyata yang mengusulkan pemakaian nama John Lennon buat kawah itu adalah tim ilmuwan dari wahana antariksa messenger milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Pengusulan nama John Lennon dan orang kreatif lain sesuai standar IAU (International Astronomical Union) IAU berpendapat, kawah Merkurius harus didasarkan pada nama orang kreatif. John lennon orang yang kreatif? Kalau John enggak kreatif, band The Beatles enggak mungkin semelegenda ini sampai sekarang.

 

Disetujui International Astronomical Union

Nama John Lennon diabadikan menjadi nama kawah di planet itu selain sembilan orang kreatif lainnya, antara lain penulis Truman Capote dan pematung Alexander Calder. Penamaan kawah itu dengan nama John Lennon sudah disetujui oleh International Astronomical Union (IAU). IAU adalah badan yang bertanggung jawab dalam penamaan benda-benda langit.

 

Pedoman penamaan benda langit

Girls, spesifiknya, kawah Merkurius dinamai berdasarkan nama artis atau nama kreatif lain yang punya kontribusi luar biasa dan fundamental dan diakui perannya selama lebih dari 50 tahun.

Pedoman penamaan benda langit sendiri sudah dibuat sejak tahun 1919 oleh IAU dan diberlakukan dengan tegas. Satelit Pluto misalnya, dinamai dengan nama dewa yang berasosiasi dengan underworld.

 

(arin, foto: kompas.com)

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN