Kawah Biru di Mars yang Merah

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 17 Februari 2014

Kawah Biru di Mars yang Merah

Planet Mars yang terkenal dengan warna merahnya itu, ternyata punya kawah biru, girls. Kemunculan kawah ini disebabkan sama batu antariksa yang menghantam Mars. Menurut situs Kompas, kawah itu berada pada koordinat 3,7 derajat Lintang Utara dan 53,4 derajat Bujur Timur Mars. Kawah itu pernah terfoto pada Juli 2010 dan Mei 2012. Citra kawah Mars terbaru ini diambil dengan kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) milik wahana Mars Reconnaissance Orbitter.

 

Kawah ini memiliki lebar 30 meter lengkap sama hiasan struktur radial gelap terang di sekitarnya. Citra itu sudah diolah sama NASA sebelum diumumkan ke publik. Menurut keterangan NASA, warna biru pada bagian tengah kawah terjadi karena debu yang akan tampak kemerahan dilontarkan ke wilayah sekitarnya waktu terjadi tumbukan.

 

NASA sendiri enggak memberikan keterangan tentang ukuran batu yang memicu terbentuknya kawah ini. Hantaman yang diakibatkan sama batu itu memicu lontaran material sampai sejauh 15 kilometer. Mars Reconnaissance Orbitter adalah proyek penyelidikan Mars yang dikendalikan sama Jet Propulsion Lab NASA.

 

(lana, foto: dok. NASA)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN