Kabar Adanya Bocoran Soal UN 2016 yang Harus Kita Waspadai

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 4 April 2016

Siap hadapi UN, girls? (foto: hai-online)

Pelaksanan Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat yang berlangsung mulai Senin (4/4) ini diwarnai dengan isu beredarnya kunci jawaban soal yang disebarkan oleh oknum-oknum ke beberapa SMA di Jakarta. Berikut beberapa kabar soal adanya bocoran soal UN 2016 yang harus kita waspadai.

 

(Baca juga: 5 Ilustrasi Informasi Penting Ujian Nasional (UN) 2016 yang Harus Kita Tahu)

 

Beredar Kunci Jawaban Palsu di SMAN 70

Ya, pelaksanan Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat yang berlangsung mulai Senin (4/4) ini diwarnai dengan isu beredarnya kunci jawaban soal yang disebarkan oleh oknum-oknum ke beberapa SMA di Jakarta. Menanggapi kabar ini, Inspektur Jenderal Kemendikbud, Daryanto langsung meninjau ke beberapa sekolah di Jakarta, salah satunya SMAN 70 Jakarta.

 

“Itu bahaya untuk anak-anak sekolah, dan membuat keuntungan pihak tertentu," kata Daryanto dikuti dari Tribunnews, setelah meninjau kesiapan UN di SMAN 70, Kebayoran Baru, Jakarta, Senin pagi. Usai meninjau  ia mengklaim seluruh kunci jawaban yang beredar tersebut ternyata adalah palsu.

 

"Ada peristiwa dan sudah diproses, bagi anaknya (siswa) juga ada hukuman," katanya berharap, peserta UN yang lain tidak tertipu dengan kunci jawaban yang beredar.

 

Di beberapa SMA di Jambi

Sementara itu, peluang adanya kecurangan UN 2016 juga terjadi di beberapa SMA Jambi, namun isu kali ini bukan penyebaran kunci jawaban diantara peserta UN yang terjadi melainkan dugaan kebocoran naskah soal dari oknum guru yang katanya sampai memperjual-belikan naskah soal tersebut.

 

Meski  begitu, dari laporan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Ridham Priskap seperti dikutip dari beritasatu.com, ia meyakinkan siswa peserta UN agar tidak mempercayai bocoran soal dan kunci jawaban yang ditawarkan oknum-oknum guru, sebab naskah itupun palsu.

 

“Setiap siswa dalam satu ruangan akan berbeda soal ujianya, jadi siswa peserta UN jangan percaya soal dan kunci jawaban yang dijual oleh siapa pun,” tegas Ridham Priskap ketika melepas distribusi soal UN tingkat SMA dan sederajat ke kabupaten/kota di kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Jumat (1/4)lalu sebelum ujian.

 

(Baca juga: Bocoran Soal UN di Jakarta Didapat Dari Grup BBM 'Selendang Monyet')

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN