Jadilah Pemilih Pemula Yang Cerdas

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 7 April 2014

Jadilah Pemilih Pemula Yang Cerdas

Buat kita yang sudah cukup umur untuk memilih tapi masih ragu-ragu apakah akan menggunakan hak pilih kita nanti, saatnya menghapus segala keragu-raguan kita!

 

Menurut data dari Komisi Pemilihan Umum Indonesia (KPU), total pemilih yang sudah terdaftar adalah 186.612.255 penduduk Indonesia. Dari jumlah itu, 20-30%-nya bisa dipastikan adalah Pemilih Pemula, yaitu orang yang pertama kalinya menggunakan hak pilih, seperti remaja seusia kita.

 

Artinya, sekitar 37-55 juta suara pemilu nanti akan berasal dari Pemilih Pemula. Angka yang besar ini sangat berpotensi menentukan hasil akhir pemilu, dalam arti menentukan kemenangan partai politik atau kandidat tertentu yang berkompetisi dalam pemilu.

 

Dengan partisipasi Pemilih Pemula dalam pemilu, kita membuka peluang Indonesia yang lebih baik. Ini berkaitan dengan karakter utama Pemilih Pemula yang cenderung kritis, mandiri, independen, anti status quo dan pro dengan perubahan ke arah yang lebih baik. Ini bikin kita jadi pemilih yang punya pertimbangan rasional dalam menentukan pilihan.

 

Tentunya, Pemilih Pemula yang Cerdas harus punya bekal sebelum memilih. Pelajari calon-calon yang ada, dari track record, program kerja yang ditawarkan sampai integritas pribadinya. Jangan malas membuka website calon atau partai yang diwakilinya. Intip timeline Twitter mereka. Lakukan berbagai cara supaya kita bisa lebih kenal mereka.

 

Sudah siap memilih? Sebelum hari H Pemilu datang, pastikan kita sudah terdaftar sebagai Pemilih nanti ya, girls. Kalaupun belum terdaftar, siapkan KTP kita lalu daftarkan diri ke RT dan RW tempat tinggal kita.

 

Our Vote Defines Our Future!

 

(marti, foto: Kompas Images/Roderick Adrian Mozes)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN