Ini Fakta Terbaru Planet Pluto Yang Belum Kita Ketahui Sebelumnya

Published by : Natasha Erika Posted on : Selasa, 14 Juli 2015

Ini Fakta Terbaru Planet Pluto Yang Belum Kita Ketahui Sebelumnya

Selasa (14/7), pesawat luar angkasa NASA, New Horizons, melintas di Planet Pluto dan melihat secara dekat planet yang belum pernah dikunjungi manusia itu. Apakah ada fakta Planet Pluto yang ditemukan New Horizons?

 

Baca juga: Interstellar: Menjelajah Ruang Angkasa Mencari Rumah Baru

 

Dikatakan situs Livemint, pesawat luar angkasa akan berpapasan dengan Planet Pluto tepatnya pada Selasa pagi, pukul 7.49 Waktu Musim Panas Timur (EDT). Rencananya, New Horizons akan mendekat ke Pluto hingga terpaut jarak sekitar 12.500 kilometer.

 

Itu akan menjadi pertama kalinya bagi Pluto menerima kunjungan pesawat luar angkasa bumi di planetnya. Namun, Pluto juga menjadi planet paling terakhir yang pernah didatangi oleh pesawat luar angkasa.

 

New Horizons sudah menempuh waktu perjalanan yang cukup lama, mengingat pesawat itu sudah diluncurkan dari Florida, AS, sejak 2006 lalu.

 

(foto: theguardian.com)

Ilustrasi dari New Horizons NASA.

 

Kini, pesawat itu tercatat sudah meluncur sejauh nyaris 5 miliar kilometer menuju planet Pluto. Tujuan dari penjelajahan jauh itu adalah pengumpulan data temperatur dan tekanan atmosfer Pluto yang mengandung nitrogen. NASA juga ingin melihat bagaimana gas tersebut melesak juga ke luar angkasa.

 

New Horizons sudah mulai mengirimkan sejumlah foto planet tersebut, yang memperlihatkan empat titik gelap pada satu sisinya. Belum diketahui apakah titik-titik itu adalah kawah permukaan, dataran tinggi, atau sekadar bayangan hasil pantulan cahaya dari permukaan datar planet itu. Terus, ada juga dua fakta Pluto yang ditemukan New Horizons!  Apa tuh ya?

 

Baca juga: Galaksi Kita Berisi 60 Milyar Planet Alien?

 

Lebih besar dari yang diperkirakan

Pluto ternyata agak lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya, dengan diameter 2.370km atau sekitar 2km lebih besar. Pengukuran terbaru ini dilakukan wahana ruang angkasa New Horizons yang akan melewati planet terkecil dalam sistem tata surya itu, yang sudah 'diturunkan posisinya' bukan sebagai planet lagi pada 2006 lalu. Hasil ini juga mengukuhkan Pluto sebagai objek terbesar yang sejauh ini sudah dideteksi berada di luar sistem tata surya, yang dikenal dengan Kuiper Belt.

 

(foto: theguardian.com)

Ini dia salah satu foto Pluto yang dikirimkan dari New Horizons. Nampak seperti ada bentuk hati di planet tersebut. Tapi kalau diperhatikan secara keseluruhan, bentuk hati itu menyerupai ekor paus. Di sekeliling planet ini memang ditemukan 'paus'.

 

Ada "paus" di Pluto

Ketika mengarahkan kamera dan memotret Pluto, New Horizons menemukan "Paus"  yang sebenarnya merupakan area gelap di khatulistiwa Pluto merentang hingga panjang 2.200 kilometer.

 

Apa sejatinya fitur serupa paus itu? Hingga kini, ilmuwan belum bisa menjawabnya. New Horizons akan mengungkap begitu berhasil melintas salah satu obyek terjauh di tata surya itu.

 

Baca juga: Ada Iguana di Planet Mars?

 

(foto: rebloggy.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN