Ini 11 Wilayah Indonesia Yang Akan Dilintasi Gerhana Matahari Total 2016

Published by : Natasha Erika Posted on : Rabu, 13 Januari 2016

Ini 11 Wilayah Indonesia Yang Akan Dilintasi Gerhana Matahari Total 2016

Girls, di tahun baru ini kita akan melihat berbagai fenomena langit yang tidak selalu bisa kita saksikan. Ada hujan meteor, ada pula Supermoon, dan yang paling ditunggu-tunggu untuk kita yang tinggal di Indonesia adalah Gerhana Matahari Total atau GMT. Fenomena GMT hanya terjadi di Indonesia dan kita bisa jadi salah satu saksinya, girls. Di sini ada beberapa info soal GMT 2016. Kita juga bisa menyimak 11 wilayah Indonesia yang akan dilintasi Gerhana Matahari Total 2016.

 

Baca juga: 7 Foto Penampakan Gerhana Bulan Merah Darah dari Berbagai Negara

 

Prediksi awal Maret 2016

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan fenomena alam GMT yang diperkirakan akan terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016 mendatang hanya akan terjadi di beberapa wilayah, salah satunya Poso, Sulawesi Tengah.

 

Menarik wisatawan dalam dan luar negeri

Peristiwa ini diharapkan mampu menyedot kunjungan wisatawan di Poso baik lokal maupun mancanegara. Harapan tersebut diyakini akibat GMT tersebut hanya terjadi di Indonesia sehingga kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia, termasuk Poso diperkirakan meningkat tajam.

 

Fenomena sangat langka

Pemerintah Kabupaten Poso melalui Kepala Dinas Pariwisata Putra Botilangi yang ditemui oleh Kompas.com pada Rabu (11/11/2015) menjelaskan bahwa GMT yang akan terjadi pada hari tersebut akan menjadi pemandangan yang sangat langka.

 

"Yang jelas ini fenomena alam yang sangat langka, GMT yang sama pernah terjadi pada tahun 1983 silam. Untuk itu, kita berharap khususnya di Kabupaten Poso banyak wisatawan yang berdatangan," jelasnya. 

 

 

Baca juga: Fenomena Cuaca Paling Unik Dan Misterius Di Dunia

 

11 wilayah Indonesia yang dapat melihat GMT

Berdasarkan hasil penelitian BMKG ,Total Solar Eclipse atau GMT yang diperkirakan akan terjadi pada 9 maret 2016 mendatang hanya akan melewati wilayah:

1. Palembang (dengan lama 1 menit 52 detik)

2. Belitung (2 menit 10 detik)

3. Balikpapan (1 menit 9 detik)

4. Luwuk (2 menit 50 detik)

5. Sampit (2 menit 8 detik)

6. Palu (2 menit 4 detik)

7. Ternate (2 menit 39 detik)

8. Bangka (2 menit 8 detik)

9. Palngkaraya (2 menit 29 detik)

10. Poso (2 menit 40 detik)

11. Halmahera (1 menit 36 detik).

 

Baca juga: 4 Teori Ilmiah Suara Misterius dari Langit Yang Menyerupai Bunyi Trompet Sangkakala

 

(foto: tumblr.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN