Imitation game: Mesin Pemecah Kode Rahasia

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 16 Januari 2015

Imitation game: Mesin Pemecah Kode Rahasia

Kisah seputar Perang Dunia kedua selalu menjadi cerita yang enggak ada habisnya. Seperti  ini  juga setting cerita Imitation Games ini.  Kekuatan pasukan Jerman  dibawah pimpinan Hitler yang semakin menjadi-jadi membuat pemerintah Inggris resah.  Mereka khawatir Jerman bakal membobol pertahan Inggris  dan menguasai negara itu.

Tim mata-mata Inggris yang terdiri atas ahli bahasa, juara catur dan  ahli matematika bekerja keras untuk memecahkan kode rahasia militer Jerman. Mereka bekerja secara rahasia di Blechley Park. Enggak ada satu pun orang yang mampu memecahkan rahasia dari mesin Enigma, mesin pengirim kode milik Jerman. Sampai akhirnya datanglah Alan Turing (Benedict Cumberbatch), seorang ahli matematika yang jenius. Dia menciptakan mesin untuk memecahkan kode rahasia ini.

 

Mesin Christopher          

Awalnya usaha ini enggak mendapat dukungan dari temannya, yang juga saingannya, Hugh Alexander (Matthe Goode) dan juga atasannya Cdr Alastair Denniston (Charles Dance). Mereka menganggap proyek Alan ini mahal dan membuang-buang waktu. Namun, berkat dukungan dari Mayor Jendral Stewart Menzies (Mark Strong), Alan tetap berhasil mendapat dana dan dukungan langsung dari Perdana Menteri Inggris, Churchill. Hugh yang awalnya enggak suka pada Alan akhirnya mengerti juga kenyetrikan dan kejeniusan teman kerjanya ini. Dia bersama tim pemecah kode, ikut mendukung Alan untuk membuat mesin yang diberi nama Christopher ini.  Alan juga mendapat dukungan penuh dari teman kerja yang kemudian jadi tunangannya, Joan Clarke. Cewek ini yang sejak awal membantu Alan yang anti sosial untuk bergaul dengan teman-teman satu timnya. 

Mesin berhasil dibuat tapi belum juga menunjukan hasil. Sementara itu kekuatan Jerman semakin mengkhawatirkan. Alan diancam, dia hanya punya waktu satu bulan untuk membuktikan kalau mesin buatannya bisa memecahkan kode rahasia. Dan, menjelang waktu yang ditentukan, secara tiba-tiba saja Alan berhasil memecahkan rahasia. Namun, setelah mereka berhasil memecahkannya ada rencana lebih besar lagi yang harus mereka hadapi. Mayor Jendral Stewart Menzies meminta Alan dan timnya untuk lebih dari sekedar memecahkan kode rahasia selama perang berlangsung.

 

Film yang mendapatkan delapan nominasi Oscar ini layak banget ditonton. Walau ceritanya terkesan serius tapi sebenarnya enggak berat-berat amat.  Banyak  unsur drama dan kemanusiaan, ada juga dialog yang lucu  yang bikin film ini cocok buat kita tonton juga. Kalau kita senang film berbobot tapi enggak terlalu berat buat dipikirin, nonton deh yang satu ini.

(muti, foto: blackbearpictures.com)

 

Sutradara: Morten Tyldum

Pemain: Benedict  Cumberbatch  = Alan Turing

               Keira knightley = Joan Clarke

               Matthew Goode = Hugh Alexander

              Mark Strong = Mayor Jendral Stewart Menzies

              Charles Dance = Cdr Alastair Denniston

 

 

 

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN