ICYS: Tempat Ilmuwan Muda Bertemu

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 10 April 2013

ICYS: Tempat Ilmuwan Muda Bertemu

Para ilmuwan muda di Indonesia dan dunia akan bertemu di Bali pada tanggal 15-22 April 2013. Bertemunya para ilmuwan muda ini sekaligus untuk mengikuti acara International Conference of young Scientists (ICYS) 2013. ICYS merupakan perlombaan karya ilmiah tingkat dunia bagi para siswa sekolah menengah yang sudah berlangsung sejak tahun 1993.

 

Dalam acara ini para ilmuwan muda akan mempresentasikan karya ilmiahnya di hadapan juri internasional. "Sejak tahun 2009, Indonesia sudah berhasil memperoleh banyak gelar dan medali. Tahun ini, Indonesia sudah mempersiapkan 12 siswa SMA yang sebelumnya sudah melewati proses seleksi," ujar Monika Raharti President of Local Organizing Commitee ICYS 2013 dalam press conference yang diadakan pada Kamis (11/4) di Grand Indonesia, Jakarta.


Membangkitkan semangat remaja

Keikutsertaan tim Indonesia dalam ajang ICYS ini mendapatkan dukungan dari Surya Institute dan Surya University. Prof. Yohanes Surya, Phd, pendiri Surya Institute mengatakan bahwa ICYS merupakan salah satu cara membangkitkan semangat untuk melakukan riset. "Dengan banyaknya anak-anak muda yang melakukan riset, masa depan Indonesia akan cerah," ujarnya.

 

Acara ICYS membebaskan topik penelitian dari ilmuwan muda yang bertanding. Biasanya, mereka akan mempresentasikan riset dengan latar belakang masalah di negaranya masing-masing dan juga memberikan solusi.

 

(atifa, foto: atifa)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN