HOPE Worldwide Indonesia: Untuk Anak-anak Indonesia Yang Lebih Baik

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 6 Desember 2012

HOPE Worldwide Indonesia: Untuk Anak-anak Indonesia Yang Lebih Baik

Setelah sukses melayani 1 juta orang dan menghimpun tujuh ribu tenaga sukarelawan, Hope Worldwide Indonesia(HWI) kembali meluncurkan kampanye baru pada tanggal 5 Desember kemarin.Kampanye yang akan dimulai tahun 2013 dan berakhir pada 2020 mendatang ini diberinama Beyond Measures. Kampanye ini terbagi jadi dua program utama yaitu Coins For Hope dan Positive Choice.

Pentingnya Menabung

HWI sadar kalau karakter seseorang harus dibina sejak kecil. Salah satu caranya adalah dengan membantu anak-anak yang kurang beruntung untuk sadar akan pentingnya menabung dan mengelola uang. Melalui program Coins For Hope, HWI bekerja sama dengan bank rekanan dengan harapan di saat anak-anak itu tamat SLTA, mereka masih bisa melanjutkan pendidikan.

Prosesnya sederhana, anak-anak itu akan dibina lewat program-program yang tersebar di Centre of Hope dan titik-titik kemiskinan lainnya. Selain dibina, mereka akan diberi celengan sebagai simbol yang bikin mereka ingat kalau nabung itu penting demi masa depan yang lebih baik. Enggak cuma untuk anak-anak berkekurangan, HWI juga mengajak kita, remaja dan semua kalangan untuk turut menabung lewat celengan yang hasilnya akan didonasikan untuk menambahkan jumlah tabungan yang dikumpulkan anak-anak binaan.

Pilihan Tepat Setiap Hari

Program kedua, yaitu Positive Choice adalah program pembentukan karakter anak-anak, khususnya remaja. Setiap harinya, remajapasti akan dipertemukan dengan berbagai pilihan. HWI pengin anak dan remaja bisa memilih hal-hal positif dalam kesehariannya. Semua itu demi masa depan mereka yang lebih baik.

Seperti contohnya, kebanyakan remaja pekerja seks komersial (PSK) merasa enggak terpaksa melakukannya karena itu adalah pilihan yang mereka buat sendiri. Semua itu karena mereka terpengaruh lingkungan, enggak punya keahlian khusus dan tertekan kondisi ekonomi. Ironisnya, menurut Komnas Perlindungan Anak, remaja yang jadi PSK angkanya mencapai 70 ribu setiap tahunnya.

Karena itulah, HWI pengin mengedukasi orangtua dan remaja untuk enggak terjerumus hal seperti itu dan memilih kegiatan positif lainnya. Bekerjasama dengan konselor anak dan berbagai sosok remaja berpengaruh, HWI akan menyampaikan pesan-pesan positif melalui media sosial dan sejumlah aktivitas lainnya.

Bagi kita yang pengin jadi relawan dan berpartisipasi dalam berbagai program HWI, boleh banget kok, girls. Kita bisa daftar di www.hopeindonesia.org.

Pengin melihat Indonesia yang lebih baik? Yuk, kita mulai dengan menciptakan versi lebih baik dari diri kita sendiri.

(dea) 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN