Hari Pendidikan Nasional dan Sejarahnya

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 1 Mei 2013

Hari Pendidikan Nasional dan Sejarahnya

Setiap tahun pada taggal 2 Mei, warga Indonesia 'merayakan' Hari Pendidikan Nasional'. Tahu enggak, kenapa Hari Pendidikan Nasional ditetapkan pada tanggal 2 Mei?

 

Sejarahnya

Dari catatan sejarah, tanggal 2 Mei merupakan hari kelahiran salah satu tokoh pendidikan Indonesia, yaitu Ki Hajar Dewantara. Beliau merupakan aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda.

 

Ki Hajar Dewantara adalah pendiri Perguruan Taman Siswa, suatu lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan bagi para pribumi untuk mendapatkan pendidikan yang sepantasnya. Tau semboyan Tut Wuri Handayani? Beliau pula lah yang menciptakan semboyan tersebut yang pada akhirnya menjadi slogan Kementrian Pendidikan Nasional Indonesia.

 

Tema tahun ini

Di tahun 2013 ini, Muhammad Nuh, Menteri Pendidikan Nasional mengusung tema "Meningkatkan kualitas dan akses berkeadilan" untuk Hari Pendidikan Nasional. Ia mengajak para peduli dan pecinta pendidikan agar membuka posko anti drop out agar anak-anak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Kalau menurut kalian, Hari Pendidikan Nasional ini seperti apa, girls? Ayo majukan pendidikan di Indonesia.

 

(atifa, foto: kompas/deni denaswara)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com, pernah mewawancarai Justin Bieber secara langsung di tahun 2010.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN