Hari Batik Nasional: Makin Hits Di Dalam & Luar Negeri

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 1 Oktober 2013

Hari Batik Nasional: Makin Hits Di Dalam & Luar Negeri

Empat tahun sudah, tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari batik nasional oleh seluruh orang di Indonesia. Yap, semenjak 2 Oktober 2009 ketika UNESCO, badan PBB yang bergerak di bidang kebudayaan resmi menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

 

Ini berarti UNESCO mengakui bahwa batik adalah milik Indonesia. Enggak aneh kalau semenjak itu hingga sekarang, batik pun makin eksis. Enggak cuma di Indonesia tapi juga di dunia internasional. Enggak aneh, kalau setiap tanggal 2 Oktober ini pemerintah menyerukan seuluruh rakyat Indonesia buat beramai-ramai memakai batik dan menghargainya sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang paling berharga.

 

Batik sekarang bukan cuma jadi pakaian tradisional yang kaku. Berbagai produk fashion yang trendy sekarang ini banyak yang menggunakan batik sebagai bahannya. Bahkan produk sehari-hari seperti taplak meja, sarung bantal dan aksesoris fashion pun banyak yang bertemakan batik. Pokoknya makin hits deh!


Eksis di dunia fashion internasional

Batik enggak cuma eksis di Indonesia, lho. Para designer ternama dunia pun sudah sering menggunakan batik sebagai bahan untuk design pakaian mereka. Para desainer ini enggak mencuri atau mengklaim batik Indonesia sebagai karya atau milik mereka. Mereka cuma mengadaptasi motif batik yang sudah ada ke dalam karyanya.

 

Beberapa desainer terkenal yang pernah mengadaptasi batik untuk koleksi mereka di antara Nicole Miller, Burberry Prorsum, dan Diane von Furstenberg. Bahkan batik Indonesia juga eksis lho di acara Paris Fashion Week 2010 lalu, lewat karya desainer asal Belgia, Dries Van Noten. Tahun 2009 lalu, desainer asal Amrik, Nicole Miller juga sempat menggunakan motif batik Mega Mendung asal Cirebon dan motif khas kain Bali untuk koleksinya yang diberi nama Resort Collection 2009. Wuiihh!

 

Kalau orang luar negeri saja bangga menggunakan batik, masa kita enggak. Ya, enggak girls? Jadi, yuk pakai lebih sering memakai batik biar tambah hits dan eksis! Enggak cuma pas hari Batik Nasional aja, tapi di hari-hari baisa juga dong. Ayo, siapa yang suka pakai batik?

 

(aisha, foto: dok. kompas.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN