Happy Birthday Curiosity on Mars!

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 5 Agustus 2013

Happy Birthday Curiosity on Mars!

Curiosity, robot seukuran mobil yang berhasil sampai di planet Mars tanggal 5 Agustus 2012 ini, berulang tahun untuk yang pertama kali lho! Dan untuk merayakannya, lagu selamat ulang tahun dinyanyikan di planet berwarna merah itu.

 

Menurut kompas.com lagu ini juga sekaligus menjadi sebuah tanda untuk kehidupan apapun yang mungkin berada di sekitar Mars.

 

"Untuk merayakan ulang tahun SAM dan Curiosity di Mars, kami memutuskan untuk memainkan sebuah lagu. Maka jika ada seseorang yang mendengarkannya di Mars, dalam sebuah kesempatan khusus, mereka akan mampu mendengarkan lagu ini," kata Florence Tan, pimpinan Electrical Engineer di Goddard Space Flight Center.

 

lagu selamat ulang tahun ini dinyanyikan sendiri oleh Curiosity. Dengan menggunakan kemampuan alat yang menyaring sampah dari sampel dalam Sample Analysis on Mars (SAM) yang ada dalam tubuh Curiosity, mereka meresonansi bunyi dari beragam frekuansi . "Music brings us all together, so, this is fun!" kata Florence.

 

Setahun kebelakang, Curiosity dan SAM telah banyak berkontribusi dalam ilmu pengetahuan. Berbagai informasi telah diberikan kepada para peneliti di Bumi. Tentu saja hal tersebut sangat bermanfaat bagi umat masyarakat. "Kami menemukan banyak hal dan masih ada lebih banyak hal yang menunggu untuk ditemukan," lanjut Florence.

 

(uswatun, foto: www.npr.org)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN