Gunung Terbesar di Bumi Ditemukan di Samudera Pasifik

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 5 September 2013

Gunung Terbesar di Bumi Ditemukan di Samudera Pasifik

Gunung Mauna Loa di Hawaii yang selama ini dianggap sebagai gunung terbesar di dunia, sekarang ini dikalahkan sama sebuah gunung api di Samudera Pasifik. Menurut Kompas, para geolog memublikasikan penemuan itu di jurnal Nature Geoscience, Kamis (5/9) kemarin. Gunung terbesar di Bumi ini disebut sebagai Tamu Masif.

 

Meskipun disebut sebagai gunung terbesar di Bumi, ukuran Tamu Massif 25% lebih kecil dari Olympus Mons di Mars, gunung terbesar di Tata Surya. Pemimpin dari penelitian gunung Tamu Massif pun enggak mengira bisa menemukan gunung ini. "Kami berpikir gunung berapi sekelas ini belum pernah disadari sebelumnya," kata William Sager, geolog dari University of Houston.

 

Beda sama Krakatau dan Mauna Loa yang muncul ke permukaan, Tamu Massif diperkirakan bakal selamanya tersembunyi di lautan. Tamu Massif sendiri memiliki lebar 650 kilometer dan memiliki ketinggian empat kilometer. "Kemiringannya rendah. Jika Anda berdiri di gunung ini, Anda tak akan kesulitan untuk mengatakan kemana jalan turun gunung," kata Sager.

 

(lana, foto: kompas.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN