Google: Rilis Android Wear, Gadget di Pergelangan Tangan

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 19 Maret 2014

Google: Rilis Android Wear, Gadget di Pergelangan Tangan

Google mulai memperkenalkan perangkat Android Wear. Perusahaan raksasa Google, Rabu (19/3), mengumumkan rencananya mulai merilis Android Wear. Android Wear yang merupakan proyek Google memperluas penggunaan Android ke wearable devices ini, untuk debut pertama adalah sebuah produk jam tangan pintar (smartwatch).

 

Jam tangan tersebut akan terwujud dengan kerja sama Google menggandeng perusahan-perusahaan manufaktur elektronik besar; LG, Motorola, begitu pula HTC dan Samsung. Perangkat Android Wear perdana LG yang akan dinamai G Watch, saat ini sedang diproduksi.

 

Sama seperti Google Glass, penggunaan jam tangan Android Wear tak hanya akan terbatas pada kalangan pecinta teknologi, tapi juga menyasar industri mode. Bahkan, Google turut bekerja dengan merek-merek fesyen seperti Fossil Group untuk menghadirkan jam-jam modis Android Wear pada akhir tahun ini.

 

"Ini [langkah] yang masuk akal. Bila perangkat wearable akan menjadi platform andalan berikutnya, Google tentulah berkepentingan untuk ikut masuk, berada di sana sesegera mungkin," tulis situs Mashable.

 

Menyediakan informasi

Dengan katalog berbagai aplikasi nan ekspansif, perangkat wearable berbasis Android Wear akan menyediakan informasi yang dibutuhkan pengguna dalam saat yang tepat (real-time).

 

"Arloji baik untuk dipakai menunjukkan waktu," kata David Singleton, Director of Engineering Android, "Tapi, bayangkan, mendapatkan segala informasi relevan bermanfaat pada pergelangan tangan Anda tepat waktu Anda membutuhkannya, secara otomatis!"

 

Minimalis dan klasik

Desainer Alex Faaborg, mengatakan, desain smartwatch Android tergolong minimalis dan klasik, meski akan muncul dengan variasi gaya, bentuk, dan ukuran. Kita hari ini melihat banyak inovasi dari para pengembang di seluruh dunia, tutur Faaborg, jam tangan pintar ini termasuk inovasi yang membuka cakrawala baru.

 

Dalam video promosi, didemonstrasikan bagaimana pengguna dapat mengontrol jam tangan pintarnya lewat perintah suara.

 

Fitur perintah suaranya juga sudah cukup canggih. Anda cukup mengatakan "OK Google" untuk melakukan pencarian, pun bisa memindahkan video ke Chromecast atau memainkan lagu tertentu di ponsel Anda.

 

Terakhir, Google juga memamerkan fungsionalitas multi-screen dari jam tangan Android Wear.

 

"Pada faktor-faktor tertentu, jam tangan pintar Google memberikan pengalaman yang lebih kaya," ungkap Singleton.

 

(gloria/nationalgeographic.co,id, sumber: chip, ibt)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN