Google: Bahasa Jawa dalam Google Translate

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 26 Mei 2013

Google: Bahasa Jawa dalam Google Translate

Jaringan internet memiliki banyak situs besar yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya. Tetapi sebenarnya, masih banyak masyarakat di berbagai bagian dunia yang belum bisa berkomunikasi atau mengerti bahasa inggris. Banyak pengguna internet yang jadi lebih sulit mendapatkan informasi yang tidak tersedia dalam bahasa mereka.

 

Berdasarkan hal tersebut, Google kembali melengkapi daftar bahasa di situs penerjemah miliknya, Google Translate. Mulai 24 Mei 2013, para pengguna sudah bisa menerjemahkan lima bahasa baru dalam Google Translate. Jika dikombinasikan, bahasa ini dituturkan oleh lebih dari 183 juta orang di seluruh dunia, kelima bahasa tersebut yaitu,

 

  1. Bosnia. Bahasa resmi yang digunakan di Bosnia, Herzegovina, beberapa negara di sekitarnya, serta komuniti diaspora di seluruh Indonesia.
  2. Cebuano. Salah satu bahasa yang banyak digunakan di daerah Visayas (pusat) dan Mindanao (selatan) negara Filipina.
  3. Hmong. Digunakan di negara Cina, Vietnam, Laos, Thailand, beberapa bagian Amerika Serikat, dan banyak negara lainnya.
  4. Marathi. Salah satu bahasa yang digunakan oleh 73 juta orang di India.
  5. Jawa. Salah satu bahasa suku di Indonesia yang digunakan oleh 83 juta masyarakat asli, dan merupakan bahasa kedua yang paling banyak digunakan di Indonesia.

 

Meskipun hanya Bahasa Bosnia yang sudah memiliki kualitas baik, bahasa-bahasa lainnya masih terus diuji dan dikembangkan agar bisa segera digunakan masyarakat. Sekarang, salah satu bahasa suku di Indonesia sudah mendapatkan pengakuan internasional, keren banget ya Girls. Semoga bahasa unik suku kita yang lain bisa segera dilirik kancah internasional, setuju enggak?

 

(uswatun, foto: mhpbooks.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN