GoForth: Pentingnya Self Esteem Dalam Atasi Narkoba

Published by : Marti Posted on : Rabu, 12 Februari 2014

GoForth: Pentingnya Self Esteem Dalam Atasi Narkoba

Dalam mengatasi penyalahgunaan narkoba, kita bisa memulainya dari diri sendiri, girls. Di hari ke-tiga pelaksanaan 1st Global Forum For Youth Leader On Drug Use Prevention, hal pertama yang harus dimiliki seseorang yang pengin mengatasi penyebaran nanarkoba adalah tingginya self esteem.

 

What is self esteem?

"Self esteem merupakan citra yang kita bentuk atas diri sendiri dan cara pandang kita dalam menilai sesuatu yang berharga atau tidak atas diri sendiri," jelas Rabi Muhammad, team leader yang berasal dari Pakistan.

 

Menurut Rabi, jika seseorang memiliki self esteem yang tinggi, dia tidak akan memiliki pandangan negatif terhadap dirinya sehingga dia tidak akan berbuat sesuatu yang dapat merusak diri sendiri. Salah satunya adalah narkoba. Selain itu, seseorang dengan self esteem yang tinggi yakin dirinya bisa membantu orang lain untuk lepas dari pengatuh narkoba. Karena itu, Rabi menekankan akan pentingnya memiliki self esteem ini.

 

Cara meningkatkan self esteem

Untuk meningkatkan self esteem ini enggak susah kok. Anjeela, team leader yang menjadi fasilitator dalam acara di hari ke-tiga ini berbagi cara mudah untuk meningkatkan self esteem.

 

"Pertama, kita harus menerima dan mencintai diri sendiri sekaligus meyakinkan diri bahwa enggak ada hal yang bisa membuat kita merasa down. Selain itu, kita sebaiknya menghargai setiap pencapaian yang diraih, sekecil apapun dan menolak setiap komentar negatif yang ditujukan kepada kita. Kita juga sebaiknya fokus kepada hal baik di diri orang lain dan mengurangi pandangan negatif terhadap orang tersebut," jelas Anjeela.

 

Work hard play hard

Selain berkenalan dengan teman-teman dari negara lain, peserta konferensi juga diajak untuk bersenang-senang dan lebih mengenal kota Abu Dhabi. Di hari ke-dua, peserta diajak merasaka wisata safari dengan mengunjungi gurun pasir yang ada di kota ini. Kita bisa merasakan langsung menjelajahi bukit pasir, baik berjalan kaki maupun dengan mobil yang sudah disediakan untuk para turis. Dan enggak lupa, naik onta dan berjalan-jalan di atas gurun sambil menikmati matahari terbenam.

 

Selain itu, di hari ke-tiga ini peserta diajak mengunjungi masjid Syeikh Zayed Bin Sultan Al Nahyan, salah satu masjid terbesar di dunia, sambil mendengarkan sejarah Uni Emirate Arab dari tour guide di masjid ini. Dengan refreshing ini, diharapkan para peserta semakin bersemangat mengikuti seluruh rangkaian acara.

 

(iif)

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN