Global Chat Bisa Bikin Makin Dekat Dengan Seleb

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 3 Februari 2014

Global Chat Bisa Bikin Makin Dekat Dengan Seleb

Sekarang kita bisa makin dekat dengan seleb kesayangan. Enggak hanya berinteraksi di sosmed, ngobrol langsung pun bisa.

 

Semakin banyak kemudahan teknologi yang hadir di hadapan kita. Video chat jadi aplikasi paling update yang bisa memfasilitasi komunikasi kita dengan orang lain. Dengan aplikasi ini kita bisa ngobrol langsung dengan orang lain yang letaknya di bagian dunia lagi seperti bertatapan muka langsung.

 

Video chat sendiri awalnya berkembang sebagai video conference sekitar tahun 90-an, yaitu dalam satu ruangan kita bisa berhubungan dengan orang di tempat lain dengan menggunakan video. Video conference kemudian berkembang jadi video chat, seperti Skype dan Face time ketika seseorang bisa berkomunikasi dengan orang lain di tempat yang jauh. Koneksi internet yang makin meluas dan makin cepat di seluruh dunia membuat video chat ini bisa digunakan pada smartphone juga. Sekarang, makin marak istilah global chat, yaitu ketika kita bisa ngobrol dengan beberapa orang di berbagai penjuru dunia di saat yang bersamaan.

 

Dari seleb sampai presiden

Enggak hanya itu, sekarang pun banyak situs sosial media yang menyediakan fasilitas untuk melakukan global chat. Dua situs yang paling gencar adalah Google dan Facebook. Bulan Mei 2013, Google lewat program Google+ Hangout mengajak semua orang untuk bisa melakukan 'hangout' di dunia virtual. Konsepnya mirip dengan video chat, namun Google+ Hangouts ini konsepnya lebih canggih. Satu orang bisa bisa berkomunikasi dengan banyak orang di berbagai tempat secara bersamaan. Kita enggak hanya bisa menggunakan komputer PC atau laptop tapi juga bisa lewat smartphone.

 

Google cukup gencar mempromokan program ini. Mereka merancang sejumlah global chat berdasarkan kategorinya, mulai dari kategori, bisnis, teknologi, art hingga entertainment. Kita bisa melihat jadwal Google+ Hangouts di http://gphangouts.com/  Umumnya kalau mau ikutan, kita harus punya akun Google dan mendaftar dulu. Setelah registrasi, bila terpilih kita baru bisa ikutan Hangout. Saat Hangouts ini kita harus terus siap online dan siap-siap mengajukan pertanyaan pada orang yang kita ajak ngobrol.

 

Fasilitas ini jelas jadi salah satu cara buat seleb untuk mendekatkan diri dengan fans. Lumayan banyak, lho, seleb yang melakukan global chat dengan fansnya, seperti SHINee, Super Junior, Victoria Justice, Avan Jogia dan juga One Direction. Di Indonesia, sejumlah seleb yang pernah Hangouts seperti Calvin Jeremy, Maudy Ayunda, Superman Is Dead dan Fatin. Enggak hanya seleb, tokoh politik pun pernah 'Hangouts, seperti Presiden Obama dan PM Julia Gillard (mantan PM Australia). Film-film yang akan rilis pun sering melakukan promo dengan Google+ Hangouts seperti yang dilakukan oleh The Hunger Games: Catching Fire dan The Hobbit.

 

Makin ramai

Enggak mau kalah dengan Google, Facebook pun punya wadah sejenis. Diberi nama Facebook Live, mereka membuat acara ngobrol para publik figur (kebanyakan seleb) dengan fansnya. Konsepnya mirip. Kita harus punya akun Facebook, mendaftarkan diri sekaligus menyertakan pertanyaan, dan bila terpilih bisa ikutan ngobrol. Tentu saja selama ngobrol ini kita harus membukanya di halaman Facebook kita. Tinggal klik aja FacebookLive kita akan dapat info terbaru soal chat ini. Beberapa seleb yang pernah melakukannya adalah Katy Perry, Rihanna dan Jessie J. Film-film yang akan rilis pun ikutan, seperti film The Hunger Games: Catching Fire dan Startrek Into Darkness. Kalau kita ketinggalan acara chat ini, kita tinggal buka Facebook dan menonton ulang di situ.

 

Untuk tahun-tahun ke depan tren global chat ini akan semakin ramai. Sekarang ini Google dan Facebook masih jadi dua platform yang merajai acara global chat ini. Namun Tumblr pun sudah mulai punya lewat Tumblr Chat. Proyek pertamanya, bersama Yahoo adalah global chat dengan pemeran Catching Fire. Ada juga aplikasi Tiny Chat, dimana kita bisa melakukan video chat dengan mengajak beberapa teman. Justin Bieber pernah mengajak beberapa fansnya untuk chat di Tiny Chat ini. Tinggal kita siapkan smartphone yang paling canggih supaya bisa ngobrol sama idola kita. Dan pastinya berdoa dan berharap agar koneksi internet di Indonesia bisa makin cepat.

 

(muti, foto: youtube.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN