Fosil Kucing Tertua di Dunia Ditemukan

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 18 Desember 2013

Fosil Kucing Tertua di Dunia Ditemukan

Girls, ada yang suka sama kucing? Ada berita yang luar biasa nih. Baru-baru ini arkeolog menemukan fosil kucing piaraan tertua di dunia. Wiiih!

 

Hewan peliharaan sejak 5300 tahun lalu

Girls, arkeolog menemukan fosil kucing tertua di sebuah desa di China yang berasal dari masa 5300 tahun yang lalu. Umur fosil kucing itu 1.300 tahun lebih awal dari waktu bangsa Mesir mulai memakai kucing dalam figur karya seni mereka.

 

Pemangsa hewan pengerat
Menurut para ilmuwan, petani di masa lalu sering rugi karena hewan-hewan pengerat seperti tikus yang merusak hasil panennya. Untungnya ada kucing-kucing liar yang datang ke desa itu. Kedatangan kucing-kucing liar itu awalnya buat memangsa hama pertanian.

 

Di lokasi penemuan fosil, ilmuwan mengungkap adanya bukti-bukti pendukung kalau dulu kucing berfungsi sebagai pemakan hama. Salah satunya adalah jejak kimiawi di tulang kucing yang menunjukkan kalau hewan ini dulu suka memakan hewan pengerat.


Hidup berdampingan dengan manusia

Berkat penelitian dari temuan fosil ini kita jadi tahu gimana awalnya kucing bisa berdampingan dengan manusia. "Yang menarik dari studi ini adalah mampu menunjukkan bagaimana kucing masuk ke kehidupan manusia," kata Fiona Marshall, peneliti di Washington University.

 

Ilmuwan percaya penemuan ini memberi petunjuk gimana awalnya kucing liar mulai didomestikasi. Kucing-kucing yang awalnya datang untuk memangsa hewan pengerat ini lama-kelamaan menetap di desa-desa di mana petani hidup. Si kucing beradaptasi dengan lingkungan itu dan bertahan hidup dengan memakan hama.


Jadi hewan peliharaan manusia

Manusia masa lalu menganggap mahluk paling cute sedunia itu sangat berguna buat mereka. Well, karena hal itu, manusia mulai memelihara kucing dan memperlakukannya sebagai hewan kesayangan.

Belum semuanya terungkap

Girls, penemuan fosil ini masih menyisakan banyak misteri yang belum terjawab. Salah satunya yaitu gimana awalnya kucing akhirnya bisa lengket banget sama manusia. Pertanyaan lain mungkin adalah gimana kucing yang dulunya suka memburu makanan sendiri sekarang menjadi manja dan lebih suka meminta.

 

Tapi manjanya kucing itu yang justru bikin kita gemas, kan, girls? Meooooow!

 

(arin, foto: jpnn.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN