Fosil Dinosaurus Ditemukan di Malaysia

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 14 Maret 2014

Fosil Dinosaurus Ditemukan di Malaysia

Setelah diidentifikasi, fosil itu adalah milik spinosaurus, jenis dinosaurus pemakan ikan.

 

Tim peneliti dari Jepang dan Malaysia untuk pertama kali menemukan fosil dinosaurus di Malaysia. Fosil yang berupa tulang gigi itu ditemukan di wilayah Pahang. Setelah diidentifikasi, fosil itu adalah milik spinosaurus, jenis dinosaurus pemakan ikan.

 

Fosil diberi kode UM10575. Ilmuwan yang terlibat penemuan ini berasal dari University of Malaya, Waseda University, dan Kumamoto University, Jepang. Ren Hirayama dari Waseda University, seorang profesor paleontologi, adalah orang yang pertama berhasil mengidentifikasi fosil dinosaurus itu. Berukuran panjang 23 mm dan lebar 10 mm, fosil tulang gigi itu ditemukan di batuan sedimen berusia antara 145-75 juta tahun.

 

Kekayaan semenanjung Malaysia

Penelitian ini punya target mengeksplorasi kekayaan fosil yang mungkin ada di Semenanjung Malaysia sebagai sedimen dari periode Jurassic-Cretaceous. Spinosaurus memiliki tengkorak serupa buaya serta gigi berbentuk kerucut. Gigi juga memiliki gerigi dan kasar di bagian tepinya. Spinosaurus, seperti diberitakan Science World Report, Selasa (25/2), telah banyak ditemukan di wilayah Australia, Eropa, dan Asia lainnya.

 

Tim peneliti berharap dapat menemukan lebih banyak fosil dinosaurus di tempat itu. Mereka juga mengatakan perlunya perlindungan situs penemuan itu.

 

(yunanto/kompas.com, foto: kompas.com) 

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN