Fenomena Glory di Planet Venus Tertangkap

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Sabtu, 15 Maret 2014

Fenomena Glory di Planet Venus Tertangkap

Fenomena glory ditangkap melalui pesawat badan ruang angkasa Eropa. Fenomena ini untuk pertama kalinya terlihat di planet lain.

 

Para astronom menangkap fenomena yang menyerupai pelangi, di planet Venus melalui pesawat milik badan ruang angkasa Eropa.

 

Fenomena yang disebut glory ini untuk pertama kalinya terlihat di planet lain dan dapat membantu para ilmuwan memahami bahan kimia di Venus.

 

Di Bumi, pelangi dan glory terjadi saat Matahari bersinar di partikel air namun atmosfir di Venus diduga terdiri dari asam sulfur dan komponen lain yang tidak diketahui.

 

Pelangi biasanya terlihat melengkung di langit sementaraglory jauh lebih kecil dan terdiri dari serangkaian warna berbentuk menyerupai cincin dan berpusat pada warna yang terang.

 

Glory hanya terlihat bila kamera diletakkan langsung antara Matahari dan partikel awan. Dari Bumi, glory sering terlihat dari pesawat di seputar awan atau di sekitar bayangan para pendaki gunung di puncak pegunungan yang berkabut.

 

Gambar glory ini diambil oleh pesawat milik badan ruang angkasa Eropa, Venus Express, yang diletakkan antara Planet Venus dan Matahari.

 

(nationalgeographic.co.id, foto: bbc.co.uk) 

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN