Fakta Menarik Putri Duyung Yang Belum Kita Ketahui

Published by : Marti Posted on : Jumat, 19 Desember 2014

Fakta Menarik Putri Duyung Yang Belum Kita Ketahui

Girls, siapa sih yang enggak tahu cerita dongeng tentang putri duyung? Salah satu cerita yang terkenal adalah Ariel dari kartun Disney. Hmm, kira-kira putri duyung itu benaran ada atau enggak, ya? Ini dia fakta menarik putri duyung yang belum kita ketahui.

 

(Baca juga: Batu Kelahiran Pembawa Keberuntungan)

 

Mitos Yunani

Cerita tentang Putri Duyung berawal dari mitos Yunani yaitu makhluk Siren. Siren adalah putri-putri cantik yang hidup di tengah laut, tepatnya di pulau Sirenum Scopuli. Mereka selalu menyanyikan lagu-lagu memikat hati yang bikin para pelayar jadi terbuai sehingga kapal mereka menabrak karang dan tenggelam.

 

Telanjang dada
Penggambaran putri duyung dari jaman dulu adalah mereka punya rambut panjang. Selain itu, kalau biasa kita melihat cerita Ariel, putri duyung Disney, selalu memakai bikini dan punya perhiasaan yang lucu-lucu. Putri duyung menurut legenda justru selalu bertelanjang dada.

 

(Baca juga: Aksesori-Aksesori Kece Bual Liburan)

 

Dongeng Hans Christian Andersen

Enggak semua cerita tentang putri duyung itu tampak cantik dan bahagia. Di dongeng yang ditulis Hans Christian Andersen apda 1836, putri duyung dalam cerita itu digambarkan sangat menderita karena rasa cintanya pada manusia. Ia pun rela kehilangan suaranya karena lidahnya dipotong oleh kaumnya sendiri.

 

Perempuan cantik yang kejam

Kalau kita bicara putri duyung atau mermaid, itu merupakan sosok makhluk mitologi yang paling baik hati di antara jenis-jenis putri duyung yang lain. Ada satu jenis putri duyung yang kejam banget menurut legenda masyarakat. Ia adalah siren yang bisa menyesatkan para pelayar dengan kekuatan magis seperti memunculkan kabut gelap.

 

Kebenarannya?

Banyak yang mempercayai bahwa makhluk laut ini benar-benar ada. Beberapa orang sempat melihat adanya makhluk yang menyerupai putri duyung saat berada di laut. Tapi, sejauh ini, makhluk ini tetap disebut sebagai makhluk mitologi.

 

(Baca juga: Putri Duyung Benar-Benar Nyata)

 

(nana, foto: wikipedia.com, realmermaids.net, tumblr.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN