Fakta Ilmiah di Balik Warna Dress Biru dan Hitam atau Putih dan Emas

Published by : Natasha Erika Posted on : Jumat, 27 Februari 2015

Fakta Ilmiah di Balik Warna Dress Biru dan Hitam atau Putih dan Emas

Girls, belum lama ini dunia internet dihebohkan dengan sebuah gambar dress yang menimbulkan perdebatan. Kenapa? Karena ada dua persepektif warna dress menurut para netizens. Ada yang melihat dress itu berwarna biru dan hitam, tapi ada juga yang melihat kalau warna dress itu putih dan emas. Nah, lho. Enggak perlu bingung, ini dia fakta ilmiah di balik warna dress biru dan hitam atau putih dan emas.

 

Baca juga: Tips Mix And Match Dengan Motif Dan Warna

 

Di samping ini adalah foto dress yang bikin geger dunia maya. Kamu lihat warna apa, girls, dari dress itu?

 

Enggak bermaksud spoiler. Jawaban yang benar adalah warna biru dan hitam. Dress asli ini berhasil ditelusuri netizen dan ternyata dijual di situs Roman Originals. Lalu, kenapa bisa begitu?

 

 

 

Mata dan otak manusia

Menurut situs Wired, ini bukan sekadar perdebatan di dunia media sosial, tapi juga di dunia biologi. Ada penjelasan ilmiah mengapa orang-orang bisa melihat warna berbeda dari satu foto yang sama. Semua itu berhubungan dengan mata dan otak manusia mencerna warna yang masuk ke dalam.

 

Kita pasti udah enggak asing dengan pelajaran Biologi tentang gimana proses manusia melihat benda, kan? Nah, kita bisa melihat warna berbeda dari dress itu karena proses ini, girls. Pertama, cahaya masuk melalui mata menuju lensa mata. Di situ, panjang gelombang warna yang diterima lensa mempengaruhi warna apa yang bakal kita terima nanti. Setelah itu, cahaya menuju retina yang berada di belakang mata di mana pigmen bakal dihantarkan ke saraf korteks visual. Saraf korteks visual adalah tempat atau bagian dari otak manusia yang meproses seluruh sinyal cahaya menjadi sebuah gambar.

 

Baca juga: Cowok Paling Suka Lihat Cewek Pakai Baju Warna...

 

Spektrum warna

Nah, setelah kita tahu proses bagaimana manusia melihat suatu objek atau benda, kini kita belajar sedikit soal spekrum warna RGB atau Red Green Blue. Dalam chart spektrum warna seperti di bawah ini, kita bakal bisa melihat warna biru kalau kurva Blue bertemu dengan kurva Green dan Red.

 

 

Lalu, apa yang terjadi kalau kita enggak melihat warna biru? Itu karena kurva Blue enggak masuk dalam lensa mata kita. Kurva Blue memang punya panjang gelombang warna yang pendek jika dibandingkan Red dan Green. Jadi, beberapa orang berhasil menangkap gelombang kurva Blue ke lensa dan retina. Sementara beberapa orang enggak berhasil, sehingga hanya Red dan Green yang masuk.

 

Kenapa beberapa orang enggak berhasil menangkap itu? Hal tersebut bisa disebabkan oleh kondisi mata yang sudah banyak melihat warna dengan kurva Red dan Green beberapa saat sebelum melihat warna dress itu.

 

Baca juga: Tunjukkan Kesan Dari Warna Pakaian

 

(foto: independent.co.uk, wearecolorblind.com, swiked.tumblr.com, wired.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN