Fakta-Fakta Seputar Pelantikan Presiden Joko Widodo

Published by : Marti Posted on : Minggu, 19 Oktober 2014

Fakta-Fakta Seputar Pelantikan Presiden Joko Widodo

Hari ini, Senin 20 Oktober 2014, bangsa Indonesia bergembira menyambut dilantiknya presiden terpilih, Bapak Joko Widodo sebagai presiden ketujuh. Ada banyak cerita seru, lho, dibalik pelantikan presiden dan wakil presiden yang dilakukan di Gedung MPR RI ini. Apa aja sih fakta-fakta seru seputar pelantikan presiden Joko Widodo ini?

 

Presiden Terpilih

Pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla terpilih menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia untuk periode 2014-2019 setelah meraih suara 53,15% dalam pemilihan presiden 9 Juli 2014. Pasangan ini mengalahkan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa yang meraih 46,85% suara.

 

Pengamanan Ketat

Untuk acara ini, pihak kepolisian memastikan pengamanan ketat selama acara. Total sekitar 24.000 personel kepolisial yang ditambah anggota TNI akan menjaga keamanan selama acara pelantikan ini berlangsung. Menurut Kapolri Jenderal Polisi Sutarman, seperti dikutip dari Kompas.com, pengamanan ini akan dibagi ke dalam lima wilayah atau ring.


Perwakilan Negara Sahabat

Enggak hanya tamu nasional, beberapa perwakilan negara sahabat juga akan hadir di pelantikan presiden Joko Widodo ini. Sekitar 17 tamu dari negara sahabat tampak hadir di gedung MPR RI. Mereka di antaranya kepala negara, perdana menteri, dan utusan dari negara sahabat. Di antaranya dari Brunei Darussalam, Singapura, Timor Leste, Malaysia, Thailand, Australia, Rusia, Tiongkok, Jepang, dan masih banyak lagi.

 

Kirab Budaya

Yang enggak kalah seru dari pelantikan presiden ini adalah rangkaian acara setelahnya. Di antaranya, diadakannya kirab budaya seusai acara pelantikan di gedung DPR/MPR. Nantinya, Bapak Jokowi akan menuju Bundaran Hotel Indonesia dan Istana Negara bersama rakyat yang berjalan mengiringi beliau.

 

Kirab budaya ini juga dimeriahkan oleh berbagai komunitas seni, karnaval batik, reog, ondel-ondel, barongsai, sepeda ontel, dan perwakilan kebudayaan dari seluruh Indonesia. Wah, seru banget, ya.

 

Tradisi Baru

Ada yang berbeda dibanding pelantikan presiden sebelumnya. Kali ini, Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan melakukan serah terima jabatan kepada Bapak Jokowi di Istana Negara.

 

Perbedaan lainnya, tahun ini presiden yang akan digantikan dan presiden baru beserta wakil sama-sama datang ke siding paripurna. Mereka juga sama-sama menyambut tamu negara.

 

Mirip Acara Pernikahan

Seperti dikutip dari kompas.com, acara pelantikan presiden dan wakil presiden kali ini mirip dengan pesta pernikahan. Soalnya, ada janur kuning yang identik dengan pesta pernikahan di area siding paripurna MPR. Keberadaan janur kuning ini membuat acara pelantikan jadi lebih meriah, lho. Selain itu, di area siding juga dipasangi kain merah putih yang menandakan bendera RI.

 

Kuliner Gratis

Yang enggak kalah serunya, selama acara pelantikan ada kuliner gratis di sepanjang jalan yang menjadi prosesi kirab banyak gerobak makanan yang menyediakan makanan secara gratis. Gerobak dengan tanda "Makanan Gratis Sampai Habis" terdiri atas pedagang bakso, siomay, ketoprak, dan penjual minuman.

 

Pesta Rakyat

Jokowi memang terkenal dekat dengan rakyat. Setelah pelantikan, diadakan pesta rakyat yang digagas oleh para relawan. Bertempat di Monas, acara ini dimulai pukul 1.15 dengan makan tumpeng bersama.

 

Beberapa musisi akan memeriahkan pesta rakyat ini, seperti Slank, Marcell Siahaan, Kikan Namara, The Titans, Anji, Nidji, GIGI, Delon, Vidi Aldiano, FOS Band (Ariyo Wahab), Badai (Kerispatih), D'Bandits, Syahrini, Samsons, Soul Id, Deadsquat, Killing Me Inside, Jflow, Wong Pitu, Sigit Wardana, Yacko, dan lain-lain. hadir pula musisi internasional Arkarna. Kabarnya, rakyat yang akan datang diperkirakan lebih dari 100.000 orang. Benar-benar meriah, ya.

 

Trending Topic

Kehebohan juga terjadi di sosial media. hashtag #PresidenJokowi berhasil menjadi trending topic dunia. Wow. Selamat ya Bapak Jokowi dan Bapak Jusuf Kalla. Semoga bisa membawa Indonesia jadi lebih baik lagi.

 

(iif. foto: Roderick Adrian Mozes/Kompas.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN