Facebook Posting Video Yang Merangkum Berbagai Momen Paling Penting Selama 2015

Published by : Natasha Erika Posted on : Jumat, 11 Desember 2015

Facebook Posting Video Yang Merangkum Berbagai Momen Paling Penting Selama 2015

Peristiwa-peristiwa besar yang terjadi sepanjang 2015 sedikit banyak memupuk solidaritas masyarakat dunia. Hal ini tak lepas dari peran media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dll) dalam mengakomodir komunikasi global.

 

Sehingga, kejadian di satu tempat enggak hanya menjadi isu lokal, melainkan isu global. Misalnya pada aksi terorisme di Paris beberapa saat lalu.

 

Seluruh dunia memperbincangkan, mendoakan, serta melakukan aksi sosial untuk para korban. Lebih lengkapnya, Facebook telah merangkum kejadian-kejadian penting selama 2015 dalam sebuah video. Ada berita duka, berita bahagia, bahkan guyonan yang jadi viral di dunia maya.

 

Baca juga: 3 Musisi Yang Paling Diomongin di Facebook Selama Tahun 2015

 

1. Januari 2015, pro dan kontra membanjiri legalisasi pernikahan sesama jenis di Vietnam. Pada bulan yang sama, di Paris, kantor media kontroversial Charlie Hebdo diserang oleh segerombol orang yang diduga enggak senang dengan pemberitaan media tersebut. Akibatnya sepuluh jurnalis dan dua polisi meninggal dunia.

 

2. Sebulan setelahnya, Februari 2015, baju dua warna menjadi viral. Mulai dari selebriti media sosial, artis papan atas, politikus, hingga pejabat, turut mengomentari baju yang kadang-kadang berwarna biru-hitam dan di lain waktu berwarna putih-emas tersebut.

 

(foto: en.yibada.com)

 

3. Berita duka kemudian kembali menyusul pada Maret 2015. Pesawat Germanwings dari Barcelona jatuh di kawasan Alpen, Perancis dan merenggut lebih dari 100 korban jiwa.

 

Pada bulan yang sama, dunia juga kehilangan satu pemimpin, yakni Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew pada usia 91 tahun. Pria tersebut menjadi legenda atas sejarah transformasi Singapura dari negara kecil ke negara sehebat sekarang.

 

Baca juga: 10 Video Lucu di YouTube yang Paling Viral di Tahun 2015

 

4. April 2015, gempa bumi berkekuatan 7,8 skala Richter mengguncang Nepal. Gempa tersebut menjadi yang terbesar di Nepal sejak gempa bumi Nepal-Bihar tahun 1934. Setidaknya 8900 jiwa terenggut.

 

(foto: nbcnews.com)

 

5. September 2015, isu rasisme bergulir di AS. Bocah 14 tahun bernama Ahmed sempat masuk penjara karena memperkenalkan jam digital buatannya kepada guru di sekolah.

 

Bukannya dipuji, ia justru dituduh merakit bom. Setelah diperiksa, Ahmed terbukti enggak bersalah dan dibebaskan. Hal ini jadi viral dan berujung pada keberuntungan beruntun bagi Ahmed. Ia mendapat beasiswa, bertemu Obama, diberi hadiah bejibun oleh para petinggi TI, dan disemangati netizen dunia.

 

Di bulan yang sama, NASA memotret Pluto dari jarak dekat. Lebih mengejutkan, NASA menemukan aliran air di Mars. Hal ini pun menjadi obrolan hangat di media sosial.

 

(foto: freerepublic.com)

 

6. Terakhir, November 2015, kabar duka datang dari Beirut, Lebanon dan Paris, Perancis. Sejumlah titik di dua kota tersebut diserang teroris. Di Paris, serangan terorisme menewaskan lebih dari 100 orang dan lebih dari 300 korban kritis.

 

Mengakhiri video berdurasi dua menit yang merangkum kejadian sepanjang 2015, Facebook mengarahkan netizen agar selalu terkoneksi satu sama lain.

 

Baca juga: 3 Hashtags Yang Jadi Obrolan Paling Panas di Twitter Sepanjang 2015

 

"Mari berdiri bersama di 2016," begitu kalimat penutup video yang diikuti ikon jempol.

 

As the year draws to a close, we remember what brought us together in 2015, and look forward the connections we'll make in 2016.

Posted by Facebook on Tuesday, December 8, 2015

 

(sumber: tekno.kompas.com, foto: dribbble.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN