Facebook Bisa Kenali Profil Palsu, Lho!

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 31 Maret 2016

Facebook membuat sebuah tool yang bisa mengenali profil palsu (foto: Digital Trends).

Facebook membuat sebuah tool yang bisa mengenali profil palsu. Alat tersebut sudah mulai diuji sejak November tahun lalu dan sudah dipasang di 75 persen akun milik pengguna.

 

(Baca juga: Menurut Penelitian,Teman 'Asli' di Facebook Hanya 150 Orang)

 

Memindai akun palsu

Facebook mengembangkan alat itu dengan tujuan memerangi aktivitas berbau pencemaran nama baik atau bullying di dalam platform jejaring sosial miliknya. Cara kerjanya, seperti dilansir KompasTekno dari The Verge, Jumat (25/3/2016), tool itu pertama-tama akan memindai akun-akun palsu dan mencari tahu foto siapa yang digunakan untuk membuat akun tersebut.

 

Pemilik akun asli akan mendapatkan notifikasi bahwa nama serta foto mereka telah dipalsukan dan dipakai membuat akun baru. Selanjutnya tinggal bubuhkan bendera pada akun palsu yang ditemukan. Khusus akun bertanda bendera ini, Facebook akan mengkajinya secara manual sebelum memutuskan langkah berikut.

 

Hindari bullying

Selain alat pemburu profil palsu tersebut, Facebook juga sedang menguji cara lain yang bisa mengantisipasi tindak bullying atau upaya pencemaran nama baik. Cara yang dimaksud antara lain adalah member pilihan bagi pengguna untuk membubuhkan bendera pada foto yang dinilai menyinggung.

 

Media sosial buatan Mark Zuckerberg itu juga selalu mengingatkan pengguna untuk memeriksa pengaturan foto milik mereka. Misalnya soal siapa saja yang boleh dan tidak boleh melihat foto tersebut. (yoga/ tekno.kompas.com)

 

(Baca juga: Ini Dia Cara Membuka Minigame di Aplikasi Facebook Messenger)

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN