Dua Persen Tanah Mars Mengandung Air?

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 7 Oktober 2013

Dua Persen Tanah Mars Mengandung Air?

Tanah di Mars mengandung air? Yap, fakta itu diterbitkan dalam jurnal Science dari analisis yang dilakukan di bagian perut robot milik Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), Curiosity, yang tengah menjelajah Mars. Seperti yang dilansir oleh Kompas, dari hasil analisis itu, segenggam tanah dari permukaan Mars ternyata mengandung air.

 

"Satu penemuan paling menggembirakan dari sampel solid yang didapat dari Curiosity adalah adanya presentase air dalam tanah. Sekitar dua persen tanah di permukaan Mars tersusun atas air yang merupakan sumber daya luar biasa," ujar Laurie Leshin, Dekan Sains dari Rensselaer Polytechnic Institute, yang juga pemimpin penelitian.

 

Penemuan ini memperkuat spekulasi Mars pernah atau memang memiliki aliran air. Penelitian kali ini juga membuktikan peranan besar dari instrumen untuk memroses batu dan tanah di Curiosity yang dinamai Sample Analysis at Mars (SAM). Oh ya, Curiosity merupakan robot dengan teknologi canggih yang mendarat di Mars Agustus 2012, tepatnya di Kawah Gale.

 

(lana, foto: dok. Malin Space Science System)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN