Drama Musikal Siti Nurbaya: Kisah Abadi Sepanjang Masa

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 29 Maret 2014

Drama Musikal Siti Nurbaya: Kisah Abadi Sepanjang Masa

Masih ingat dengan cerita cinta antara Siti Nurbaya dan Samsul Bahri, girls? Karya sastra klasik karya Marah Rusli ini kini dihadirkan lewat sentuhan modern melalui drama musikal Siti Nurbaya: Kasih Tak Sampai. Drama musikal ini berlangsung selama dua hari, yaitu 29 dan 30 Maret 2014 di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki.

 

Karya Sastra Abadi

Siti Nurbaya pertama kali terbit tahun 1922. Sekian puluh tahun berlalu, kita tentunya masih ingat dengan kisah cinta antara Siti Nurbaya dan Samsul Bahri di tanah Padang. Begitu juga dengan Datuk Maringgih, orang paling kaya yang mempunyai banyak tipuan untuk mencapai keinginannya, termasuk memecah belah keluarga Siti Nurbaya dan Samsul Bahri. Datuk Maringgih juga menghancurkan semua usaha ayah Siti Nurbaya, Baginda Sulaiman, sehingga bangkrut dan terpaksa meminjam uang kepada beliau.

 

Karena tidak sanggup membayar, Datuk Maringgih memaksa Siti Nurbaya untuk menikah dengannya. Siti Nurbaya menolak, selain karena dia tidak mau menikah dengan orang jahat seperti Datuk Maringgih, dia juga sudah berjanji akan menunggu Samsul Bahri pulang, yang saat itu sedang sekolah di Jakarta.

 

Sentuhan Modern

Kisah cinta yang tragis ini bisa kita saksikan dalam sentuhan modern. Dalam drama musical ini, dialog dihadirkan dalam bentuk lagu. Serunya, lagu tersebut berasal dari berbagai genre. Sebut saja pop, jazz, rock, hip hop, RnB, dan enggak lupa musik tradisional Minangkabau.

 

Drama ini tambah seru dengan set yang megah dan sesuai dengan jalan cerita. Begitu juga dengan akting dan kualitas vokal para pemain arahan Denny Malik ini. Yang enggak kalah serunya, kita juga disuguhkan aksi ilusionis oleh Demian.

 

Melestarikan Budaya

"Sebagai anak bangsa, kita merasakan peran kesusateraan nasional dalam perkembangan budaya Indonesia. Karena itu saya begitu semangat menghadirkan cerita Siti Nurbaya, Kasih Tak Sampai, karya Marah Rusli ini ke dalam bentuk drama musical agar generasi muda bisa belajar nilai luhur budaya Indonesia," ujar Nanan Sukarna, chairman Kharisma Persada Budaya.

 

Siti Nurbaya: Kasih Tak Sampai

Sutradara: Denny Malik

Pemain:

Leona: Siti Nurbaya

Arro: Samsul Bahri

Andy /rif: Datuk Maringgih

Ariyo Wahab: Baginda Sulaiman

Iman J-ROCKS: Sutan Mahmud

Dewi Gita: Siti Maryam

Candil: Sutan Hamzah

Aria SamSonS: Letnan van Sta

Netta Kusumah Dewi: Rubiah

 

(iif)

 

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN