Ditemukan Tanda Baru Keberadaan Air Di Mars

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 26 September 2013

Ditemukan Tanda Baru Keberadaan Air Di Mars

Semenjak NASA mengirim robot Curiosity untuk menjelajah planet Mars tahun 2012 lalu, telah ditemukan beberapa tanda yang menunjukan kalau planet tersebut memiliki beberapa elemen yang bisa menunjang adanya kehidupan di sana.

 

Setelah sempat menemukan batu yang disebut mengandung mineral lempung, yaitu suatu perubahan sifat zal yang disebabkan oleh air pertengahan tahun lalu, kali ini Curiosity kembali menemukan tanda-tanda adanya air di planet merah tersebut.

 

Ada air di Mars

"Sekarang kita tahu kalau di Mars kemungkinan besar ada air dalam jumlah banyak yang mudah diakses. Jadi kita bisa meraup tanah di mana saja, di permukaan planet Mars, memanaskannya sebentar lalu dihasilkanlah air,"  kata peneliti dari Rensselaer Polytechnic Institute, Laurie Leshin pada cbsnews.com.

 

Ucapan Leshin ini didasarkan data yang dikirim Curiosity dalam misi penjelajahan tanahnya di Mars. Dari penjalajahan tersebut, para ilmuwan menemukan adalanya air, karbon dioksida, oksigen dan senyawa sulfur yang berasal dari tanah berbutir halus seperti pasir di permukaan Mars yang disebut sebagai Rocknest.

 

"Sekitar dua persen dari tanah di permukaan Mars terdiri dari air yang merupakan sumber daya yang besar dan menarik secara ilmiah," papar Leshin.  Air yang ditemukan di sini adalah air yang netral, berbeda dengan hasil penelitian di tahun 2004, di mana air yang ditemukan sangatlah asam.

 

Danau Purba Atau Bekas Samudera

Curiosity juga pernah menggali bubuk dari batuan lumpur di kawasan Kawah Gale yang terletak di ekuator yang ternyata setelah di teliti di laboratorium, ditemukan sekitar 20 sampai 30 pesen kelompok mineral lempung.  

 

Ini menandakan kemungkinan lokasi tersebut adalah bekas lingkungan air yang segar atau netral yang membentuk formasi batuan lumpur. Dengan kata lain, para ilmuwan memperkirakan kalau kawasan Kawah Gale yang sedang diteliti oleh Curiosity bisa jadi bekas sebuah danau purba.

 

Sebelumnya para peneliti dalam European Planetary Science Congress, di London juga menemukan banyak bukti baru tentang keberadaan air di Mars. Bahkan ada kemungkinan di Mars pernah ada samudera atau danau yang berarti ada kemungkinan besar juga ditemukannya organisme hidup di sana.

 

(aisha, foto: dok. cbsnews.com)

 

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN