Ditemukan: Planet Einstein!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 13 Mei 2013

Ditemukan: Planet Einstein!

Luar angkasa memang penuh dengan benda yang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya, namun para peneliti pantang menyerah untuk terus menemukan dan mempelajari setiap misteri antariksa. Senin lalu, Astrophysical Journal memublikasikan bahwa telah ditemukan lagi sebuah planet baru yang berjarak 2000 tahun cahaya dari bumi!

 

Seperti ditulis pada kompas.com, planet ini diberi nama Kepler 76b, ukurannya 25% lebih besar daripada Jupiter, planet yang paling besar dalam tata surya. Suhu pada planet tersebut mencapai 1982 derajat Celcius, hal ini dikarenakan jarak Kepler 76b sangat dekat dengan bintangnya. Satu tahun di planet ini sama dengan 1,5 hari di Bumi. Planet ini juga punya nama panggilan lho, namanya, Planet Einstein.

 

Penemu jenius Albert Einstein mendapatkan kehormatan ini enggak sekedar karena ia terkenal, tetapi karena teori relativitas miliknya. Pemahaman teori relativitas yang ditemukan oleh Einstein menjadi dasar dalam proses penemuan planet ini. Teknik ini pertama kali dikemukakan oleh Avie Loeb dari Harvard Smithsonian Center for Astrophysics (CfA) pada tahun 2003.

 

Penemuan planet dilakukan dengan melihat perubahan kecil pada bintang, akibat planet yang mengelilinginya dan perubahan jaraknya relatif terhadap bumi. Perubahan yang dilihat antara lain, peningkatan intensitas cahaya bintang akibat jaraknya yang lebih dekat dengan Bumi dan peredupannya ketika menjauh, pelebaran kenampakan bintang akibat gaya tarik planet di sekelilingnya, serta cahaya bintang yang dipantulkan oleh planet di sekelilingnya.

 

(uswatun, foto: www.cfa.harvard.edu)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN