Ditemukan Fakta Mengejutkan Di Situs Gunung Padang!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 16 Oktober 2013

Ditemukan Fakta Mengejutkan Di Situs Gunung Padang!

Pernah dengar soal situs prasejarah Gunung Padang girls? Ini adalah sebuah situs prasejarah, peninggalan kebudayaan dari jaman Megatilikum. Situs ini terdapat di perbatasan dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

 

Situs yang didaulat sebagai bangunan punden berundak terbesar di Asia Tenggara ini memunculkan sebuah fakta baru yang mencengangkan banyak peneliti geologi, lho . Seperti yang dilansir kompas.com, tim Riset Mandiri Gunung Padang mengatakan terdapat sebuah ruangan besar yang berasal dari masa 10 ribu tahun sebelum Masehi. Dalam penelitian ini, ruangan tersebut diduga berada di zona lapisan budaya tiga dan empat.


Sudah Diduga

Sebenarya keberadaan ruangan besar di dalam situs Gunung Padang ini sudah diduga sebelumnya. Sejak situs ini ditemukan dan mulai diteliti, para peneliti menduga terdapat sebuah bangunan gtua berupa punden berundak yang lebih besar dan lebih tua dari piramida Giza di Mesir.

 

Menurut Danny Hilman Natawidjaja, geolog dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) setelah melakukan riset hingga Juli 2013, termasuk analisis tomografi, tim menemukan adanya zona dengan kecepatan rambat suara yang sangat lambat. Yang berti terdapat rongga atau ruang di bawah situs Gunung Padang yang dibuat oleh manusia.

 

"Jadi memang dari tomografi terlihat ada rongga dan dinding-dindingnya," kata Danny pada kompas.com.


Dari masa 9.000 SM

Selain melakukan analisis tomografi, para peneliti juga melakukan pengeboran, analisis geolistrik dan georadar yang semua hasilnya memperkuat penemuan ruangan purba ini. Setelah dilakuan pengeboran sedalam 10 meter, terjadi water loss, di mana saat dibor, air langsung mengalir dan meresap ke dalam tanah yang bisa berarti air tersebut mengalir ke sebuah ruangan.



Selain meneliti air, dari pengeboran di beberapa titik itu juga diambil sampe karbon. Dan setelah di lakukan analisis karbon, bangunan yang masih jadi misteri itu  diperkirakan berasal dari masa 9.000 SM , bahkan bisa berumur lebih tua dari itu.

 

(aisha, foto: kompas images/ andrean kristianto)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN