Ditemukan, Bintang yang Selamat Dari Ledakan Supernova

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 23 Maret 2014

Ditemukan, Bintang yang Selamat Dari Ledakan Supernova

Sebuah bintang bertahan dari ledakan supernova bintang yang berada di dekatnya. Lalu, apa yang akan terjadi pada bintang tersebut?

 

Saat sebuah bintang raksasa kehabisan bahan bakar, ia hancur dan menghasilkan ledakan supernova. Meski ledakan ini sangat luar biasa, tetapi ada kemungkinan sebuah bintang di dekatnya mampu bertahan dari ledakan.

 

Menggunakan Chandra X-ray Observatory milik NASA dan teleskop lain, sekelompok astronom menemukan salah satu bintang yang selamat dari ledakan seperti ini.

 

Supernova remnant

Bintang yang kuat ini berada di kepingan-kepingan ledakan bintang, dikenal juga  sebagai supernova remnant, berlokasi di kawasan HII yang disebut dengan DEM L241.

 

Sebuah kawasan HII (disebut H two), terbentuk saat radiasi dari sebuah bintang muda yang panas melepaskan elektron dari atom hidrogen netral (HI) untuk membentuk hidrogen terionisasi (HII). Kawasan HII ini sendiri berada di Large Magellanic Cloud, sebuah galaksi kecil di dekat galaksi Bima Sakti.

 

Dalam kasus ini, dari data yang dikumpulkan, awalnya di kawasan DEM L241 terdapat sistem tata surya dengan dua buah bintang. Serpihan-serpihan yang ada merupakan sisa-sisa dari hancurnya salah satu bintang yang kemungkinan membentuk lubang hitam.

 

Bukti kuat terbaru

Jika terbukti menjadi sebuah black hole, temuan ini merupakan bukti kuat terbaru akan adanya kejadian maha dahsyat tersebut. Lalu, apa yang akan terjadi pada sistem tata surya itu?

 

Jika prediksi para peneliti tepat, bintang raksasa yang masih bertahan juga akan hancur dalam sebuah ledakan supernova, beberapa juta tahun dari saat ini. Dan jika itu terjadi, kemungkinan ia akan membentuk sistem yang memiliki dua bintang neutron, atau sebuah bintang neutron dan sebuah black hole, atau malah sistem tata surya yang memiliki dua buah black hole.

 

(muhammad firman/nationalgeographic.co.id, sumber: phys.org, foto: nasa)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN