Cutting For Bieber: Kampanye Hoax

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 9 Januari 2013

Cutting For Bieber: Kampanye Hoax

Twitter sempat diramaikan oleh sebuah hashtag yang cukup meprihatinkan, #Cut4Bieber. Hashtag ini berisi foto yang sangat tidak enak untuk dilihat. Foto-foto cutting, tepatnya melukai pergelangan tangan sendiri. Juga, kalimat yang mengatakan kalau mereka melukai dirinya sendiri karena sedih mendengar isu penggunaan ganja oleh Justin Bieber. Padahal isu ini sampai sekarang belum terbukti kebenarannya.

 

#Cut4Bieber bahkan sempat mejadi trending topic. Sebagian orang merasa hashtag ini merupakan perilaku yang menyimpang. Sebagian lagi mengejek perilaku akun yang menyebarkan foto. Sebagian lagi terpengaruh karena juga sedih dengan isu yang melanda Justin Bieber. Gabungan kesemuanya menjadikan hashtag ini semakin menyebar luas.

 

Foto hoax

Sebuah forum di situs 4Chan dicurigai sebagai pihak yang memulai campaign ini. Di dalamnya sempat ada ajakan untuk tweet foto cutting demi Justin. Beberapa akun yang ikut meramaikan hashtag ini dengan foto juga akhirnya mengakui kalau foto-foto itu hanya hoax. Dan mereka hanya menganggapnya sebagai troll alias sindiran dan bercanda.

 

Mengundang rasa prihatin

Masalah self injury atau perilaku melukai diri sendiri merupakan masalah psikologis yang serius. Miley Cyrus adalah salah satu seleb yang menganggap jokes yang dilakukan oleh 4Chan sudah keterlaluan. Dia pun me-retweet sebuah tweet yang isinya:

 

"#cutforbieber? Melukai diri sendiri bukan lelucon. Di luar sana benar-benar ada orang yang menderita karena gangguan psikologis ini. Orang-orang yang memulai lelucon ini benar-benar keterlaluan."

 

Tidak hanya Miley, akun fanbase dari Demi Lovato juga bereaksi menentang seperti Miley Cyrus. "Ini benar-benar membuatku marah ketika orang membuat lelucon mengenai self-harm, eating disorders atau bunuh diri. Mereka tidak mengerti betapa banyak orang yang berjuang untuk bisa keluar dari penyakit tersebut," ujar Lovatic melalui akun Twitter-nya.

 

Bukan yang Pertama

Situs 4Chan dulu sempat mengajak Beliebers untuk memangkas habis rambut mereka. Untuk menunjukkan dukungannya terhadap Justin Bieber yang digosipkan terkena kanker. Hashtag #baldforbieber juga sempat meramaikan Twitter.

 

Menanggapi semua hal ini Justin meyakinkan Belieber kalau tahun 2013 akan banyak tantangan baru. Dia pun berjanji akan berusaha lebih baik.

 

"Aku melihat kalian semua, aku mendengar kalian semua. Dan aku tidak akan membuat siapapun kecewa. I love you all!" lanjut Justin. "Dan seperti yang aku janjikan, 2013 adalah tahun baru, dengan tantangan baru, dan doubters yang baru, dan aku siap. Kita semua siap!" Lanjut Justin.

 

Setiap orang bisa posting apa pun di dunia maya. Sebagai pengguna kita harus ekstra hati-hati dan enggak mudah terpengaruh sebuah campaign. Telusuri dengan baik sumbernya sebelum percaya dan ikut menyebarkan. Fans sejati pastinya mendukung idola dengan perilaku positif, kan, girls?

 

(gita/astri, foto: fanpop.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN